Kuala Pembuang (ANTARA) -
Kalangan DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah menyatakan dukungan terhadap pemerintah kabupaten dalam upayanya untuk menjaga kelestarian populasi kepiting di daerah setempat.

"Kami mendukung upaya pemkab, dalam hal ini dilakukan melalui Dinas Perikanan (Diskan) untuk menjaga populasi kepiting agar tetap terjaga," kata Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang, Senin.

Menurutnya hal ini memang patut menjadi perhatian serta dilakukan, sehingga populasi kepiting di wilayah Seruyan tetap terjaga bahkan mampu ditingkatkan.

Baca juga: Waket DPRD Seruyan ingatkan masyarakat hindari judi online

Diketahui bersama kepiting menjadi salah satu komoditas perikanan dari Kabupaten Seruyan yang cukup dikenal, tak hanya untuk pasar lokal bahkan juga menjangkau mancanegara.
 
"Jadi dengan rencana untuk program budi daya kepiting yang akan dilakukan Dinas Perikanan, menjadi salah satu upaya menjaga maupun meningkatkan populasi kepiting," tuturnya.

Baca juga: Legislator Seruyan minta tiga lokasi jembatan jadi prioritas pembangunan

Adapun yang turut mereka soroti adalah mereka yang menangkap kepiting, juga menangkap kepiting yang sedang bertelur mengingat harganya juga mahal.

Akibatnya juga tentu akan mengganggu populasi kepiting yang daerah setempat, sehingga perihal ini harus menjadi perhatian serta komitmen bersama agar tidak terjadi lagi.

Baca juga: DPRD Seruyan minta capaian opini WTP dipertahankan
 
"Berbicara soal regulasi, memang menangkap kepiting yang bertelur itu sudah ada aturan yang mengatur untuk itu. Sehingga pihaknya juga mendukung, upaya yang dilakukan oleh Dinas Perikanan," jelasnya.
 
Dengan penurunan populasi kepiting di wilayah setempat, maka dengan program budi daya maka diharap dapat membantu menjaga populasi kepiting. Selain itu juga diharap dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Baca juga: Pemkab Seruyan sediakan layanan wifi publik gratis

Baca juga: Gubernur Kalteng: RSUD Hanau wujudkan perluasan layanan kesehatan di Kalteng

Baca juga: Pj Bupati harapkan Kontingen Seruyan ukir prestasi pada Pra Popnas

Pewarta : Faisal/Arif Hidayat
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024