Palangka Raya (ANTARA) -
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan, berdasarkan posisi pada April 2024 maka kinerja bank umum di provinsi setempat baik konvensional maupun syariah mengalami pertumbuhan cukup signifikan dibanding posisi April 2023.
 
"Kondisi ini di antaranya tercermin dari aset bank umum yang mengalami peningkatan sebesar Rp10,39 triliun atau 15,34 persen yoy, atau dari sebesar Rp67,70 triliun pada April 2023 menjadi sebesar Rp78,09 triliun pada April 2024," kata Kepala OJK Kalteng Primandanu Febriyan Aziz di Palangka Raya, Selasa.
 
Bahkan peningkatan tak hanya terjadi jika dibandingkan April 2023, namun juga dibandingkan April 2022 yang mencapai sebesar Rp58,47 triliun.
 
Selanjutnya untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh sebesar Rp6,56 triliun atau 17,98 persen yoy, yakni dari sebesar Rp36,47 triliun pada April 2023 menjadi sebesar Rp43,03 triliun pada April 2024. 
 
Kemudian dari sisi kredit/pembiayaan juga mengalami peningkatan, yakni sebesar Rp3,26 triliun atau 7,58 persen yoy, dari sebesar Rp43 triliun pada April 2023 menjadi sebesar Rp46,26 triliun pada April 2024, dengan tingkat kredit bermasalah (non-performing loan/financing) masih terjaga berada di bawah 5 persen, yakni sebesar 1,75 persen.

Baca juga: OJK Kalteng: Tujuh program kerja TPAKD wilayah barat percepat akses keuangan masyarakat
 
Primandanu Febriyan Aziz mengatakan, dengan kinerja bank umum yang mengalami pertumbuhan cukup signifikan tersebut, menjadi salah satu penopang yang membuat kondisi sektor jasa keuangan di Kalimantan Tengah dinilai masih kokoh dan tetap terjaga dengan baik.
 
Lebih lanjut disampaikannya, selain perbankan, bidang lain juga turut berkontribusi dalam menjaga kokohnya kondisi sektor jasa keuangan di Kalteng.
 
"Seperti Industri Keuangan Non-Bank, dan Pasar Modal, antara lain tercermin dari pertumbuhan jumlah investor (Single Investor Identification/SID), nilai tranksi dan total saham, serta nilai penjualan dan jumlah nasabah APERD pada Sektor Pasar Modal, serta piutang, outstanding dan jumlah rekening penerima pembiayaan pada Sektor Industri Keuangan Non Bank," jelasnya.

Baca juga: Sejumlah penjabat kepala daerah di Kalteng ajukan pengunduran diri

Baca juga: Pemprov Kalteng bekali ASN keterampilan K3

Baca juga: DTPHP Kalteng-BRIN kolaborasi kembangkan sistem pertanian cerdas

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024