Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Ina Prayawati mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten, agar lebih memperhatikan kondisi maupun kebutuhan petani yang berada di pelosok daerah aliran sungai (DAS) Barito.

Permintaan tersebut karena banyak petani di DAS Barito yang mengeluh semakin sulit bercocok tanam akibat berbagai kendala, kata Ina Prayawati di Palangka Raya, kemarin.

"Mereka mengeluhkan minimnya ketersediaan pupuk dan benih murah, kurang baiknya irigasi dan jalan menuju lahan pertanian, dan lainnya," tambah dia.

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya itu, petani bukan hanya tulang punggung ketersediaan pangan, tetapi juga mengoptimalkan lahan serta perekonomian.

Baca juga: DPRD Kalteng: Wujudkan generasi muda berdaya saing melalui pendidikan berbasis kompetensi

Dia mengatakan sektor pertanian akan keberhasilan dalam mengelola lahan hingga produksi pertanian, yang mana hal tersebut menjadi aspirasi masyarakat yang sering kali disampaikan kepada pihaknya ketika melaksanakan kegiatan reses ke daerah pelosok.

"Jadi kesulitan yang hadapi para petani harus bisa dibantu pemda. Jangan sampai pemda pemda hanya berharap hasil tanpa melihat kesulitan yang hadapi petani," kata Ina prayawati.

Baca juga: Jadikan pertanian dan perkebunan sebagai kekuatan perekonomian desa di Kalteng

Baca juga: Pemprov Kalteng diminta pertahankan opini WTP

Baca juga: Pemprov Kalteng diminta segera selesaikan rekomendasi pertanggungjawaban APBD 2023

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024