Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herson B Aden meminta kepada guru di wilayah setempat berpartisipasi dan ambil bagian dalam upaya menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.
 
“Guru bisa berpartisipasi menyukseskan Pilkada 2024, salah satunya dengan cara ikut membantu upaya meningkatkan partisipasi pemilih,” ucapnya saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Selasa.
 
Dia menginginkan para guru yang ada di Gumas mengajak masyarakat yang telah memiliki hak pilih, untuk menggunakan hak pilihnya pada 27 November 2024.
 
Yang harus diingat, sambung dia, guru hanya sebatas mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilih. Jangan sampai guru malah mengarahkan masyarakat untuk memilih pasangan calon tertentu.
 
“Guru saya ingatkan agar selalu menjaga netralitas. Tidak hanya guru, namun juga seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di lingkup Pemerintah Kabupaten Gumas,” tegas Herson.

Baca juga: Pj Bupati Gumas ingatkan sekolah aktif mutakhirkan Dapodik
 
Selain itu, dia juga mengingatkan kepada para guru agar bisa menjadi contoh teladan bagi masyarakat umum, khususnya dalam menyikapi perbedaan pilihan pada pelaksanaan Pilkada 2024.
 
“Setiap guru bisa berbeda pilihan, tapi tidak harus mempengaruhi sesama guru, yang malah membuat atau memunculkan konflik antara sesama guru karena beda pilihan. Itu jangan sampai terjadi,” kata Herson.
 
Lebih lanjut, saat ini petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) tengah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024. Coklit ditargetkan selesai pada 24 Juli 2024 mendatang.
 
“Saya mengajak kita semua untuk ikut menyukseskan pelaksanaan coklit. Saya imbau kepada warga agar meluangkan waktu untuk menerima kedatangan pantarlih, dan menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti kartu keluarga dan kartu tanda penduduk,” demikian Herson.

Baca juga: Pj Bupati Gumas: Pendidikan karakter harus terus diperkuat sejak SD

Baca juga: WHDI Gumas diminta konsisten selalu hadir di tengah masyarakat

Baca juga: Gunung Mas tampilkan potensi daerah di Apkasi Otonomi Expo 2024

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024