Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah , Indra Gunawan mengingatkan semua warga di Gumi Jari Janang Kalalawah untuk mengutamakan pendidikan dan anak harus disekolahkan.

“Jangan sampai anak-anak di Barito Timur tidak bersekolah,” kata Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, sesuai data ada 180 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak-kanak (TK), 146 Sekolah Dasar (SD), dan 31 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Barito Timur. Dan ada juga Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Dengan demikian, diharapkan tidak ada anak di Barito Timur yang tidak bersekolah,” kata Indra.

Dijelaskan Indra, tenaga pendidik dari tingkat PAUD/TK hingga SMP terdapat 1.394 orang guru berstatus pegawai negeri (PNS) dan 600 orang guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim dukung lomba membaca terus digalakkan

Walaupun jumlah tenaga pendidik terbilang cukup, Indra meminta para orang tua anak atau siswa untuk tidak menyerahkan urusan pendidikan ke sekolah atau guru saja. Tapi juga diberikan pendidikan tambahan oleh orang tua.

“Pelajaran di sekolah adalah kewajiban guru, baik itu menulis membaca dan lainnya. Maka ketika pulang juga harus diberikan pendidikan etika, moral dan agama , baik mulai dari menyimpan sepatu sesudah pulang sekolah hingga urusan agama maka  itu adalah kewajiban orang tua,” kata Indra.

Indra meminta semua [pemangku kepentingan yang ada di wilayah Kabupaten Barito Timur agar memperhatikan dunia pendidikan, serta memberikan dukungan segala kegiatan yang memiliki kaitan dengan dunia pendidikan.

“Mari kita dukung sama-sama,kita majukan sama-sama, kita majukan dunia pendidikan di Kabupaten Barito timur,” kata Indra Gunawan.

Baca juga: Dukung keindahan kota, DPUPR Perkim benahi taman SDN 3 Tamiang Layang

Baca juga: Komisi III DPR desak polisi usut kasus kematian perempuan di Barito Timur

Baca juga: Pj Bupati Bartim kukuhkan perpanjang masa tugas 99 Kepala Desa


Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024