Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah membagikan sebanyak 70.000 bendera merah putih dan umbul-umbul dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus 2024.

“Alhamdulillah, tahun ini kami kembali menyelenggarakan pembagian bendera secara gratis bagi masyarakat dalam rangka menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotim Sanggul Lumban Gaol di Sampit, Kamis.

Sanggul mewakili Bupati Kotim Halikinnor membuka acara pembagian bendera yang dipusatkan di Pasar Al-Kamal, Sampit. Turut hadir dalam acara tersebut FKPD, Kepala OPD dan sejumlah Camat.

Diketahui, bahwa tak lama lagi akan memasuki Agustus yang merupakan bulan yang sangat istimewa bagi bangsa Indonesia. Karena pada bulan tersebut Kemerdekaan NKRI diproklamasikan. Pada bulan itu pula setiap tahunnya dilakukan pengibaran bendera merah putih di seluruh penjuru Indonesia sebagai wujud rasa nasionalisme terhadap tanah air. 

Pembagian bendera yang dilaksanakan Pemkab Kotim ini pun sebagai tindak lanjut arahan Menteri Dalam Negeri dan Sekda Kalteng dengan tujuan untuk menyemarakkan peringatan HUT ke 79 Kemerdekaan RI dan untuk menggugah rasa cinta tanah air serta meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat.

“Dengan membagikan bendera ini kita ingin masyarakat merasakan kegembiraan dan ikut menyemarakkan HUT ke 79 Kemerdekaan RI, sebagai wujud cinta dan bangga kita kepada tanah air,” ucapnya.

Sanggul menambahkan, untuk pengadaan bendera merah putih dan umbul-umbul ini pihaknya bekerja sama dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), instansi vertikal dan perusahaan besar swasta. Masing-masing pihak diminta untuk membagikan 400 hingga 500 bendera bagi masyarakat di lingkungan masing-masing.

Baca juga: Sebanyak 111 Peserta ikuti Jambore Kader Posyandu Kotim 2024

Sanggul berpesan kepada masyarakat agar menggunakan bendera tersebut dengan betul, bukan hanya disimpan. Dengan memasang bendera di halaman rumah masing-masing menunjukkan bahwa sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta dan bangga pada bangsa dan negara.

“Kibarkanlah bendera ini di depan rumah masing-masing. Tiang benderanya juga dicari yang bagus, sebagai bentuk rasa cinta dan rasa menghargai kepada bendera yang menjadi simbol negara kita ini,” pungkasnya.

Tak jauh berbeda disampaikan Ketua Panitia Acara Pembagian Bendera, Eddy Hidayat Setiadi menyebut kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme masyarakat Kotim sehubungan dengan akan diperingatinya HUT Kemerdekaan RI.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui DPA Badan Kesbangpol Kotim serta dukungan partisipasi dari seluruh pihak yang telah menyediakan bendera merah putih untuk dibagikan kepada masyarakat.

Pembagian bendera dilaksanakan langsung oleh masing-masing OPD maupun instansi terkait. Contohnya, di tingkat kecamatan bendera akan dibagikan melalui kepala desa dan lurah, sedangkan perusahaan swasta bertanggung jawab atas karyawan dan desa binaan masing-masing.

“Kami dari panitia mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan semua pihak sehingga kegiatan bisa terselenggara dengan baik. Semoga ini menjadi momentum bagi kita untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air,” demikian Eddy.

Baca juga: Belasan guru di Kotim raih penghargaan dari Disdik

Baca juga: SMPN 1 Sampit ajarkan peserta didik bangga berkebaya

Baca juga: Bawaslu Kotim tingkatkan kapasitas panwascam hadapi pemutakhiran data pemilih


Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024