Nanga Bulik (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Lamandau Lilis Suriani turut berbangga ditampilkannya wastra Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam gelaran peragaan busana nasional di Jakarta.
 
“Saya bangga batik-batik khas Kalteng dapat ditampilkan dalam Fashion Show Wastra Kalimantan Tengah sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas baik di tingkat nasional hingga internasional," katanya di Nanga Bulik, Selasa.
 
Lilis Suriani turut menghadiri Fashion Show Wastra Kalimantan Tengah yang merupakan rangkaian dari Jakarta Fashion and Food Festival (JF3) yang diselenggarakan di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, minggu lalu.
 
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berkolaborasi dengan Desainer Indonesia Danny Satriadi dalam Fashion Show bertajuk ‘Eclectic Artistry’ yang mengangkat keindahan Batik Kalteng.
 
Lilis Suriani memberikan apresiasi atas terlaksananya fashion show yang menampilkan keindahan motif-motif batik khas Kalteng atau benang bintik.

Baca juga: Turnamen Tarkam Kemenpora diharap pacu prestasi olahraga di Lamandau
 
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran mengatakan peragaan busana wastra Kalteng ini bertajuk "Eclectic Artistry" mengangkat keindahan Batik Kalteng.
 
"Fashion merupakan salah satu bentuk ekspresi budaya yang sangat penting. Melalui acara ini, kita dapat melihat bagaimana para desainer menunjukkan karya-karya terbaik mereka, salah satunya mewakili Kalimantan Tengah," tuturnya.
 
Adapun dalam peragaan busana ini menampilkan koleksi Desainer Indonesia Danny Satriadi berkolaborasi dengan Pemprov Kalteng, serta didukung oleh Dekranasda Kalteng.
 
Ivo menyampaikan, Kalteng memiliki ragam kekayaan budaya dan tradisi, tercermin dalam motif dan kain khas seperti tenun maupun batik yang dikenal dengan sebutan benang bintik.
 
"Juga ada aksesoris serta anyaman rotan motif Dayak. Acara fashion ini merupakan bukti nyata dari komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mendukung dan mempromosikan produk-produk lokal kita ke kancah nasional dan internasional," tambahnya.

Baca juga: Pj Bupati Lamandau sambut kedatangan perwakilan Kemenpora RI

Baca juga: Kapolres Lamandau terima penghargaan WBK 2023 pada Musrenbang Polri 2024

Pewarta : Yansyah/Arif Hidayat
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024