Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pertanian setempat menggelar Focus Group Discussion (FGD) pengembangan potensi padi lokal di daerah setempat, bertempat di Aula Dinas Pertanian setempat, Rabu.

“FGD ini dilakukan pembahasan mengenai pengembangan potensi padi lokal yang nantinya akan memiliki pengaruh yang besar terhadap pengembangan pertanian berbasis pengembangan sumberdaya genetik lokal dan pemberdayaan para petani lokal yang jumlahnya besar di Kapuas,” kata Asisten II Sekda Kapuas Vitriason, saat memimpin rapat.

FGD yang digelar ini diharapkan dapat menjadi potensi bagi Pemkab Kapuas terutama dalam hal kepentingan petani untuk bagaimana jenis padi lokal dapat menjadi padi unggul.

“Ke depan dengan dipatenkannya jenis padi lokal Kapuas ini, menjadi padi unggul,  maka bisa dijadikan sebagai objek penelitian maupun menjadi contoh bagi petani lain untuk bisa mengembangkan benih-benih padi lokal ini,” katanya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pertanian Kapuas Yaya, adanya FGD ini juga untuk membahas mengenai kekhawatiran pihaknya terkait nasib padi lokal, karena saat ini hanya padi unggul saja yang terus ditanam, sedangkan di wilayah Kabupaten Kapuas sangat banyak penggemar jenis padi lokal.

Baca juga: Disarpustaka-STAI Kapuas jalin kerja sama sektor kearsipan dan perpustakaan

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan Edi dalam paparannya menjelaskan bahwa dalam 10 tahun terakhir Kabupaten Kapuas adalah lumbung padi Kalteng dengan kontribusi rata-rata berkisar antara 40-60 persen.

“Untuk itu strategi dalam peningkatan potensi padi lokal spesifik Lokasi di Kabupaten Kapuas ini dimulai dari deskripsi varietas, pemurnian varietas, sertifikasi varietas, penetapan varietas dan pendaftaran indikasi geografis,” jelas Edi.

Ditambahkannya dengan potensi tanaman padi lokal di kabupaten setempat yang sangat beragam, maka hal ini memiliki potensi yang besar untuk dapat diangkat sebagai salah satu potensi dalam pengembangan komoditas lokal.

Sementara dalam kegiatan yang dipimpin Asisten II Sekda Kapuas Vitrianson didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Teras dan Kepala Dinas Pertanian Kapuas Yaya.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas lakukan pengawasan kearsipan kesejumlah SOPD

Baca juga: Pj Bupati beri perhatian lebih pembangunan infrastruktur Desa Palampai

Baca juga: DMPD Kapuas perkuat pemberdayaan kelembagaan pondok pesantren


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024