Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, telah menjalin kerja sama strategis dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) setempat dalam bidang penelitian, pengembangan, dan pembinaan masyarakat, terutama dalam sektor kearsipan dan perpustakaan.

“Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kearsipan dan perpustakaan di Kabupaten Kapuas serta memperkuat peran lembaga pendidikan dalam memajukan literasi dan manajemen informasi di daerah,” kata Kepala Disarpustaka Kapuas, Suwarno Muriyat, usai kegiatan, Rabu.

Melalui kolaborasi ini, Disarpustaka Kapuas bersama STAI akan mengadakan berbagai program penelitian yang difokuskan pada inovasi pengelolaan arsip dan perpustakaan. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan dan praktik terbaik yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip dan perpustakaan.

Selain itu, kerja sama ini juga mencakup program pengembangan kapasitas bagi para pustakawan dan pengelola arsip di Kabupaten Kapuas. STAI akan menyelenggarakan berbagai pelatihan dan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial para pustakawan dan pengelola arsip, sehingga mereka dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Tadi juga kami memberikan sosialisasi pengelolaan perpustakaan di sekolah, kemudian pemahaman tentang literasi digital, dan dilanjutkan dengan peninjauan ke pojok baca digital, aplikasi i-Kapuas, dan ruang baca,” katanya.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas lakukan pengawasan kearsipan kesejumlah SOPD

Dalam aspek pembinaan masyarakat, Disrapustaka Kapuas bersama STAI akan melaksanakan berbagai kegiatan sosialisasi dan edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kearsipan dan literasi.

Kegiatan ini meliputi penyuluhan, kampanye literasi, dan pembentukan komunitas baca yang diharapkan dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam memanfaatkan layanan perpustakaan dan arsip.

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif antara pemerintah daerah dan lembaga pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dan perpustakaan, serta memperkuat budaya literasi di kabupaten setempat.

“Semoga dengan adanya perjanjian kerja sama ini, STAI Kapuas mampu meningkatkan budaya literasi di kalangan mahasiswa,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua III STAI Kuala Kapuas, Bidin, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Disarpustaka Kapuas, dalam rangka untuk mengkaji bagaimana pengelolaan perpustakaan di sekolah.

Mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam atau guru dinilai juga mampu mengelola perpustakaan di sekolah.

“Ilmu yang mereka dapatkan di sini nantinya bisa mereka terapkan ketika mereka mengajar di sekolah. Yang kebanyakan juga adalah dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa, karena walaupun bagaimana yang namanya mahasiswa, literasi, literasi digital maupun literasi apapun, memang perlu harus ditingkatkan dalam rangka untuk memperkenalkan mereka dalam rangka menghadapi dunia yang sebenarnya ketika terjun ke masyarakat,” demikian Bidin.

Baca juga: Pj Bupati beri perhatian lebih pembangunan infrastruktur Desa Palampai

Baca juga: Disarpustaka Kapuas terus tingkatkan minat baca pelajar melalui perpustakaan keliling

Baca juga: DMPD Kapuas perkuat pemberdayaan kelembagaan pondok pesantren


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024