Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dasrpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, terus berupaya meningkatkan minat baca di kalangan pelajar melalui program perpustakaan keliling.

Salah satu cara meningkatkan minat baca itu adalah bekerja sama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Palangka Raya, kata Kepala Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, di Kuala Kapuas, Selasa.

"Kami melibatkan mereka dengan mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Desa Pulau Telo Baru dengan membawa mobil perpustakaan keliling yang sarat dengan berbagai koleksi buku," tambahnya.

Dikatakan, kedatangan mobil perpustakaan keliling disambut antusias oleh para siswa dan guru di SDN 1 Pulau Telo Baru. Anak-anak terlihat sangat bersemangat ketika diperkenalkan dengan berbagai jenis buku, mulai dari buku cerita, pengetahuan umum, hingga buku pelajaran. Mahasiswa KKN juga aktif terlibat dalam kegiatan ini dengan membimbing dan membantu anak-anak dalam memilih buku yang sesuai dengan minat mereka.

Selain itu, para mahasiswa juga mengadakan sesi membaca bersama dan berdiskusi mengenai isi buku yang telah dibaca. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan budaya membaca dan kemampuan berpikir kritis di kalangan siswa. Guru-guru pun menyambut baik kegiatan ini, karena dianggap sangat membantu dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa.

Suwarno Muriyat mengatakan, bahwa program perpustakaan keliling ini akan terus dilanjutkan dan diperluas cakupannya. Tujuannya adalah agar lebih banyak anak-anak di daerah terpencil dapat menikmati akses terhadap bahan bacaan yang berkualitas.

Baca juga: Sebanyak 54 pelajar terpilih ikuti Pusdiklat calon Paskibraka Kapuas

"Diharapkan minat baca di kalangan pelajar dapat terus meningkat dan memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Kabupaten Kapuas," ucap dia.

Ditambahkannya, kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa, tetapi juga menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa KKN dalam memahami kondisi pendidikan dan kebutuhan literasi di daerah terpencil.

"Kolaborasi ini diharapkan dapat terus berlanjut dan membawa dampak positif yang berkelanjutan," demikian Suwarno Muriyat.

Baca juga: Pj Bupati upayakan tindaklanjuti usulan pembangunan warga Panamas

Baca juga: Pj Bupati Kapuas serap aspirasi masyarakat di Kecamatan Bataguh

Baca juga: Disarpustaka Kapuas lakukan kunjungan perpustakaan keliling ke sekolah dasar

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024