Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mendukung pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Palangka Raya, dengan melakukan kunjungan perpustakaan keliling ke sejumlah sekolah dasar (SD) di Kecamatan Kapuas Hilir, Senin.

"Kegiatan ini merupakan upaya dalam rangka mencerdaskan anak bangsa dan meningkatkan minat baca di kalangan pelajar," kata Kepala Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat di Kuala Kapuas.

Kegiatan perpustakaan keliling ini melibatkan berbagai sekolah dasar di daerah tersebut. Setiap kunjungan, perpustakaan keliling menyediakan berbagai jenis buku bacaan yang bervariasi dan menarik, mulai dari buku cerita, buku pelajaran, hingga buku pengetahuan umum.

"Tujuannya adalah untuk memberikan akses yang lebih mudah bagi siswa dalam mendapatkan bahan bacaan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mereka," beber Suwarno.

Selain menyediakan buku-buku, petugas dari Disarpustaka Kapuas juga memberikan edukasi mengenai pentingnya membaca dan bagaimana cara memanfaatkan perpustakaan dengan baik.

Mereka mengadakan sesi membaca bersama, diskusi buku, dan berbagai kegiatan literasi lainnya yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca dan kecintaan terhadap buku sejak dini.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh siswa dan guru di sekolah-sekolah yang dikunjungi. Banyak siswa yang merasa senang dan tertarik dengan berbagai buku yang disediakan. Guru-guru juga menyatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah.

Baca juga: Pemkab Kapuas lakukan kerjasama penggunaan Pelabuhan KP3

"Dengan adanya kunjungan perpustakaan keliling ini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa dan membantu mereka dalam memperoleh pengetahuan yang lebih luas," tuturnya.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk mengadakan program serupa, guna mencerdaskan anak bangsa melalui peningkatan literasi dan akses terhadap bahan bacaan yang berkualitas.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas sediakan spot baca bagi masyarakat

Baca juga: Distan Kapuas daftarkan beras Siam Ajurna ke Kemenkumham

Baca juga: Disarpustaka Kapuas terus perkenalkan mobil perpustakaan keliling ke pelajar

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024