DWP Disarpustaka Kapuas kembangkan penanaman sistem hidroponik

id DWP Disarpustaka Kapuas kembangkan penanaman sistem hidroponik, kalteng, kapuas, ekonomi, pertanian

DWP Disarpustaka Kapuas kembangkan penanaman sistem hidroponik

Ketua DWP Disarpustaka Kapuas Susilowati Suwarno, (kiri) dan Franz Yulian saat menyemai bibit tanaman sayur Pokcai sistem tanam hidroponik, Minggu (17/3/2024). ANTARA/ HO-Disarpustaka kapuas ​​​​​​​

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Kearsipan dan Perpusatakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mengembangkan budidaya tanam sayur secara hidroponik.

 “Kami tidak menggunakan media tanam tanah, namun diganti dengan menggunakan media air yang mengandung nutrisi serta mineral tertentu untuk menjadi media tanam,” kata Ketua DWP Disarpustaka Kapuas, Susilowati Suwarno di Kuala Kapuas, Minggu.

Istri Kadisarpustaka yang juga Kapolsek Selat itu menambahkan bahwa hidroponik memberikan banyak manfaat, baik bagi tanamannya maupun bagi orang yang merawatnya. Manfaat itu di antaranya bebas hama, dapat memaksimalkan ruang yang sempit, hemat air, panen lebih cepat, dan mengurangi penggunaan pestisida

“Semoga para pustakawan maupun pemustaka yang berkunjung ke Disarpustaka dapat melihat dan mempelajari cara bercocok tanam secara hidroponik dan mencoba melakukannya guna memenuhi kebutuhan sayur mayur atau menambah penghasilan dengan menjual hasil dari hidroponik,” harapnya.

Baca juga: DPMD Kapuas optimalkan tranformasi digital Siskeudes online

Sementara itu, Kadisarpustaka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat menyatakan terima kasihnya kepada Ketua dan Pengurus DWP Disarpustaka Kapuas dalam mendukung TPBIS dengan menggunakan halaman kantor untuk bercocok tanam secara hidroponik.

“Kegiatan ini merupakan salah satu dari implementasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) sebagai pengembangan fungsi dan peran perpustakaan dalam memberikan layanan,” katanya.

“Budaya literasi yang semakin meningkat dapat mewujudkan pengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter dan meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat selaku pemustaka,” demikian Suwarno Muriyat.

Baca juga: Dinas PUPRPKP Kapuas survei rumah tidak layak huni

Baca juga: Usulan pengadaan 1.430 formasi ASN Kapuas disetujui

Baca juga: DPMD Kapuas optimalkan pembangunan perhutanan sosial