DPMD Kapuas optimalkan tranformasi digital Siskeudes online

id pemkab kapuas, dpmd kapuas, siskeudes online, pelaporan keuangan desa, kuala kapuas, dana desa, budi kurniawan

DPMD Kapuas optimalkan tranformasi digital Siskeudes online

Penyerahan aplikasi siskeudes online untuk Kabupaten Kapuas dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, di Aula Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya, Jumat (15/3/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melaksanakan bimtek tranformasi digital Sistem Keuangan Desa Online 2024 bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika setempat.
 
“Dalam kegiatan ini, Diskominfo Kapuas memfasilitasi pembuatan sub domain, penyediaan server dan jaringan internet agar aplikasi mudah diakses oleh semua peserta bimtek,” kata Kepala Dinas PMD Kapuas, Budi Kurniawan di sela kegiatan, Jumat.
 
Dijelaskannya, aplikasi Siskeudes ini target penggunaanya adalah 214 desa atau seluruh desa yang ada di Kapuas. Selain menjalankan amanah Undang-Undang dan Siskeudes, juga merupakan salah satu amanah dari MCP KPK.
 
Dia menyampaikan, dalam poin amaran tersebut salah satunya yang menjadi area intervensi pencegahan korupsi adalah tata kelola keuangan desa.
 
Hal ini untuk menjamin transparansi akuntabilitas pengelolaaan keuangan desa diwajibkan menggunakan aplikasi Siskeudes berbasis online dengan server yang diletakan pada server pemerintah daerah.
 
Bimtek yang mengambil tempat di Aula Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya ini, diikuti oleh 103 desa dan 7 kecamatan se-Kapuas, yang juga merupakan rangkaian kegiatan bimtek sebelumnya. Bimtek ini dihadiri tim dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sebagai narasumber atau instruktur kegiatan.

Baca juga: Dinas PUPRPKP Kapuas survei rumah tidak layak huni
 
Kepala Dinas Komminfo Kapuas Hartoni U. Sawang mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya memberi dukungan berupa fasilitasi server, domain dan konfigurasi basis data aplikasi sistem keuangan desa.
 
“Agar bisa diakses secara online oleh peserta bimtek dan pada nantinya juga bisa diakses dari desa masing-masing yang sudah terkoneksi jaringan internet dan mendukung agar aplikasi Siskeudes bisa diakses dengan baik serta lancar dalam penggunaannya,” demikian Hartoni.
 
Pemkab Kapuas merupakan pemkab ketiga di Kalteng yang telah mengaplikasikan Siskeudes Online setelah Kotawaringin Timur dan Katingan. Hal tersebut memang menjadi prioritas Pemkab Kapuas yang menginginkan agar tata kelola keuangan semakin cepat, transparan, dan akuntabel.
 
Sementara itu, Tim Kementerian Dalam Negeri menjelaskan Siskeudes Online memang dirancang untuk membuat laporan pengelolaan keuangan desa secara real time dan up to date. Sehingga pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat bisa memperoleh informasi secara cepat terkait penggunaan dan pemanfaatan Dana Desa.

Baca juga: Usulan pengadaan 1.430 formasi ASN Kapuas disetujui

Baca juga: DPMD Kapuas optimalkan pembangunan perhutanan sosial

Baca juga: Pj Bupati Kapuas ingatkan pedagang Pasar Ramadhan gunakan bahan yang aman