SMP Katolik Santo Paulus Kapuas manfaatkan perpusda tingkatkan wawasan siswa

id pemkab kapuas, disarpustaka kapuas, perpustakaan kapuas, smp katolik santo paulus, kuala kapuas, kapuas

SMP Katolik Santo Paulus Kapuas manfaatkan perpusda tingkatkan wawasan siswa

SMP Katolik Santo Paulus melakukan kunjungan ke perpusda di Kuala Kapuas, Kamis (1/2/2024). (ANTARA/HO-Disarpustaka Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
SMP Katolik Santo Paulus Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah memanfaatkan keberadaan perpustakaan daerah pada Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) setempat untuk memacu serta meningkatkan wawasan siswa.
 
Kepala SMP Katolik Santo Paulus Kuala Kapuas, Eka Riani, Kamis menyampaikan terima kasihnya kepada Kadisarpustaka beserta jajaran yang telah menerima kunjungan pihaknya.
 
“Kunjungan ini bertujuan agar para siswa kami lebih mencintai buku. Berkembang budaya dalam literasi karena buku adalah jendela dunia, agar mereka memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas,” harap Eka Riani.
 
Adapun kunjungan setengah hari yang dilakukan puluhan siswa tersebut, selain membaca serta beraktivitas di perpustakaan juga mengamati pengelolaan kearsipan di ruang arsip dan depot arsip.

Baca juga: Berikut syarat pendaftaran lomba Inovasi TTG di Kapuas
 
Termasuk di antaranya para siswa juga membaca buku digital melalui aplikasi yang tersedia serta Pojok Baca Digital di Sanggar Pramuka Kapuas. 
 
Kepala Dinas Sarpustaka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat menyambut baik kunjungan yang dilakukan oleh guru bersama siswa SMP Katolik Santo Paulus.
 
“Selain mereka akan mengetahui tugas dan fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kapuas, juga peningkatan terhadap budaya literasi di kalangan pelajar,” tuturnya.
 
Dijelaskannya, Disarpustaka mempunyai dua tugas utama, yakni pengelolaan dan pengawasan kearsipan, serta pelayanan dan pengembangan perpustakaan.
 
“Bapak, ibu dan anak-anakku dapat berada di ruang baca anak, remaja dan dewasa yang disesuaikan dengan bahan bacaan dan akan didampingi para pustakawan,” terangnya di sela kegiatan.
 
Fungsi kedua, lanjutnya, adalah bidang kearsipan, kini sedang dilakukan pendampingan dan fasilitasi bagi perangkat daerah tetang pengelolaan aplikasi Srikandi.

Baca juga: Kepala DPM: Status Desa Mandiri di Kapuas alami peningkatan

Baca juga: Legislator Kapuas harapkan Bunda Literasi bantu wujudkan lingkungan gemar membaca

Baca juga: ADD dan DD 2024 di Kapuas mengalami kenaikan