ADD dan DD 2024 di Kapuas mengalami kenaikan

id pemkab kapuas, dana desa, alokasi dana desa, add dan dd kapuas naik, pembangunan desa, kuala kapuas, kapuas

ADD dan DD 2024 di Kapuas mengalami kenaikan

Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan menyampaikan paparannya dalam rapat kerja bersama para kepala desa setempat, Kuala Kapuas, Selasa (30/1/2024). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) tahun 2024 di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengalami kenaikan cukup signifikan.
 
“ADD tahun 2024 mengalami kenaikan walapun kecil dari Rp181 sekian miliar, naik sekitar tiga miliar menjadi Rp184 miliar sekian,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Selasa.
 
Sedangkan DD pada 2024 ini, sambungnya, dari Rp158 miliar lebih pada 2023, naik menjadi Rp174 miliar lebih. Hal itu disampaikannya setelah menggelar rapat kerja bersama dengan para kepala desa terkait prioritas penggunaan ADD dan DD 2024 di Aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas.
 
Lebih lanjut dijelaskannya, untuk penggunaan prioritas DD 2024, sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI, antara lain penggunaan dananya untuk penanganan stunting, ketahanan pangan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan lainnya.
 
“Makanya kita sosialisasikan kepada pemerintahan desa agar pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan baik,” ujarnya.

Baca juga: DPMD Kapuas kerja sama dengan Kejari wujudkan pemerintahan desa bersih
 
Kemudian, untuk ADD sendiri prioritas penggunaannya adalah untuk pembayaran hasil tetap dan insentif-insentif yang sudah berstandarisasi semua, termasuk juga misalnya perangkat desa, kepala desa, BPD, kader-kader yang ada di desa, posyandu, serta bidan desa.
 
“Kita standarisasi semua agar ada kepastian bagi pemerintah desa memberikan penghasilan atau memberikan insentif yang layak bagi penyelenggaraan pemerintahan desa termasuk juga kader-kader maupun petugas di desa, termasuk juga di dalamnya RT,” katanya.
 
Budi berharap dengan adanya kenaikan ADD dan DD ini, desa dapat lebih mandiri dan maju baik dari pembangunannya maupun kemajuan di bidang lainnya.

Baca juga: Ratusan anak di Kapuas ikuti FASI XII

Baca juga: Legislator Kapuas apresiasi perbankan bantu rumah ibadah

Baca juga: DPMD Kapuas pantau inovasi TTG dan Posyantekdes