Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mendukung Pemerintah Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai dalam upaya aktif mengelola hutan desa sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat setempat.

“Langkah ini sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan kemandirian ekonomi desa melalui pengelolaan potensi alam yang berkelanjutan,” kata Kepala DMPD Kapuas Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Selasa.

Hutan Desa Tumbang Mangkutup memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi sumber daya ekonomi, seperti pemanfaatan hasil hutan bukan kayu, pengembangan ekowisata, serta pelestarian lingkungan yang dapat menarik perhatian wisatawan.

Pengelolaan hutan yang baik tidak hanya memberikan dampak positif bagi pendapatan desa, tetapi juga memastikan kelestarian lingkungan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Dalam mendukung program ini, DPMD Kapuas berkomitmen memberikan bimbingan teknis dan pendampingan kepada pemerintah desa serta masyarakat setempat.

Pelatihan dan penyuluhan tentang tata kelola hutan yang berkelanjutan, pengelolaan keuangan desa, serta pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan dilakukan secara berkala.

Baca juga: Manfaatkan Faba, DPMD Kapuas gagas kerja sama desa dengan PT PLN

Selain itu, lanjutnya, DPMD Kapuas juga berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk lembaga swadaya masyarakat dan sektor swasta untuk mendukung program ini.

“Kolaborasi ini diharap dapat memperkuat kapasitas desa dalam memanfaatkan potensi hutan secara maksimal dan berkelanjutan, sehingga memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan ekonomi desa,” jelasnya.

Dengan adanya dukungan dari DPMD dan komitmen kuat Pemerintah Desa Tumbang Mangkutup, pengelolaan hutan desa diharap menjadi contoh desa lain dalam memanfaatkan potensi alam untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Tumbang Mangkutup Suriato mengatakan berbagai pengelolaan hutan desa telah dilakukan dan dimanfaatkan baik dari pengelolaan perikanan dan tanaman pangan.

“Ini adalah program prioritas dalam rangka untuk mengembangkan ekonomi. Kita ingin membantu masyarakat melalui program ini. Untuk desa kita Tumbang Mangkutup, ada tiga kelompok masyarakat dalam pengelolaan perikanan dan peternakan serta tanaman pangan,” demikian Suriato.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas resmikan panggung perahu naga Bukit Ngelangkang

Baca juga: Empat Penjabat Bupati di Kalteng resmi dilantik

Baca juga: DPMD Kapuas dukung kerja sama pengelolaan perpustakaan dan kearsipan desa


Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024