Kasongan (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng) Marwan Susanto, pimpin rapat Paripurna dalam rangka pengucapan sumpah dan janji 25 anggota DPRD Katingan masa jabatan 2024-2029.

"Memperhatikan ketentuan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 pasal 27 ayat (1), bahwa masa jabatan anggota DPRD 5 tahun terhitung sejak pengucapan sumpah janji dan berakhir pada saat anggota DPRD yang baru mengucapkan sumpah janji," kata Marwan di Kasongan Rabu.

Pelantikan dan pengucapan sumpah dan janji 25 anggota DPRD Kabupaten Katingan periode 2024-2029 ini dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Kasongan Nataria Kristina Triana di ruang rapat DPRD setempat, Rabu.

"Ini berarti bahwa beberapa saat lagi, kami seluruh anggota dewan masa jabatan 2019-2024 akan segera mengakhiri masa tugas kami," jelas Marwan Susanto.

Dia mengatakan selama kurun waktu lima tahun masa jabatan DPRD sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah memiliki tanggung jawab yang sama dengan pemerintah daerah dalam membentuk peraturan daerah untuk kesejahteraan rakyat khususnya Kabupaten Katingan.

Kemudian, melaksanakan fungsi anggaran yang diwujudkan dalam penyusunan dan penetapan APBD bersama Kepala Daerah berdasarkan prioritas dalam rangka pencapaian visi dan misi Kabupaten Katingan.

Selain itu dalam melaksanakan fungsi pengawasan diwujudkan dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan  undang-undang, peraturan daerah, keputusan Kepala Daerah dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah demi menjalankan amanat undang-undang agar bisa memajukan taraf hidup masyarakat ke arah adil dan merata yang berkesinambungan.

Baca juga: Empat Penjabat Bupati di Kalteng resmi dilantik

"Dalam kesempatan yang berbahagia ini, ijinkan kami ingin menitip pesan singkat terutama kepada anggota baru DPRD Kabupaten Katingan masa jabatan 2024-2029," katanya.

Dia mengatakan, sekecil apapun yang telah dihasilkan oleh DPRD Kabupaten Katingan masa jabatan 2019-2024, harus dijadikan sebagai modal dasar untuk lebih giat lagi, bahu membahu membangun Kabupaten Katingan.

Usai pelantikan, Ketua DPRD Marwan Susanto, menyerahkan jabatan pimpinan sementara Ketua DPRD Katingan Kepada Yudea Pratidina untuk bertugas mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan ditetapkannya pimpinan definitif DPRD Kabupaten Katingan.

“Saudara Yudea Pratidina dan saudara Nanang Suriansyah. Dengan disaksikan oleh hadirin yang hadir, saya Marwan Susanto, bersama saudara Fahrul Razi menandai penyerahan pimpinan dewan ini dengan menyerahkan palu pimpinan dan buku memori, dengan penyerahan ini maka selesailah tugas dan tanggung jawab kami,"ucapnya.

Sebanyak 25 anggota DPRD Kabupaten Katingan yakni dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 diantaranya, Marwan Susanto (PDIP), Amirun (PDIP), H Hanafi (PPP), Tantan Suhaemi (Golkar), Tony Yosepta (Golkar), Genjadit Utomo (Gerindra), Sarnadie D Uga (Perindo), H Fahmi Fauzi Nasdem), H Wiwin Susanto (PKB) dan Alfriyano (PKB).

Kemudian dari Dapil 2 yakni Yudea Pratidina (PDIP), Budy Hermanto (Gerindra), Riming U Idui (PDIP), Realita (PKB), Eterly (Nasdem), dan Icing (Golkar).

Dapil 3 yakni Jambi (PDIP), Guyur (PDIP), Nanang Suriansyah (Golkar), Gimak Bulinga (PDIP), Wahidin (Gerindra), Esenhover (Hanura), Karlo (Demoktrat), Winda Natalia (Nasdem), dan Sugianto (PKB).

Baca juga: Berikut nama-nama Pj Bupati baru untuk empat kabupaten di Kalteng

Baca juga: 56 anggota Paskibraka Katingan mulai jalani pendidikan dan pelatihan

Baca juga: Penjabat Bupati Katingan kukuhkan perpanjangan masa jabatan 148 kepala desa

Pewarta : Naslee/Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024