Pangkalan Bun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) turut menyemarakkan Gebyar UMKM Provinsi Kalimantan Tengah wilayah barat tahun 2024.
 
"Tentu ini sebagai momen penting dan menjadi sorotan utama bagi masyarakat Kalteng, khususnya wilayah barat, sehingga menjadi sarana mengangkat potensi dan kekayaan di suatu daerah," kata Kabid Perdagangan Muhammad Suhendra, Sabtu.
 
Gebyar UMKM wilayah barat tersebut dilaksanakan selama tiga hari mulai 6-8 September 2024 di Taman Kota Sampit dan halaman parkir Citimall Sampit.
 
Dia menyampaikan, stan UMKM Kobar menjajakan berbagai produk unggulan dari kerajinan, serta juga makanan olahan dari IKM/UKM Kobar.
 
Adapun beberapa produk yang dipasarkan pada kegiatan tersebut adalah kerupuk ikan, amplang, stik ikan tenggiri, stik cumi, keripik pisang, keripik singkong, emping melinjo, udang crispy, salai pisang, terasi udang, ikan jambal telang, albumin ikan gabus/haruan, kue ilat sapi, kue cincin, keripik bonggol pisang, olahan ketebok pisang dan lainnya.
 
"Kita sangat antusias bisa mengikuti dan menampilkan produk unggulan dari Bumi Marunting Batu Aji, bahkan di stan kita juga ada produk UMKM berupa aneka sambal kemasan yang juga dipasarkan," ujarnya.

Baca juga: Kesbangpol apresiasi DPRD Kobar inisiasi raperda pancasila dan wawasan kebangsaan
 
Hendra menjelaskan, melalui gebyar tersebut memberikan kesempatan untuk mempromosikan dan memamerkan produk-produk lokal Kobar.
 
"Sehingga, secara tidak langsung memberikan dukungan ekonomi bagi pelaku UMKM di Kobar, selain itu juga dapat memperkuat rasa kepemilikan dan kebanggaan terhadap warisan budaya dan produk lokal," terangnya.

Baca juga: Pemdes Sabuai tingkatkan pelayanan melalui fasilitas administrasi pertanahan bagi warganya

Baca juga: Posyandu binaan PT GSIP-AMR buka kelas balita kembangkan sensorik & motorik

Baca juga: DPRD Kobar rumuskan ranperda pendidikan pancasila dan wawasan kebangsaan

Pewarta : Safitri RA
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024