Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rusdiansyah, meminta kepada seluruh masyarakat di daerah ini agar dapat lebih waspada terhadap musibah kebakaran, termasuk terkait isu dugaan ada oknum yang sengaja melakukan perbuatan tidak bertanggung jawab.

"Berdasarkan laporan, peristiwa kebakaran rumah yang baru saja terjadi di Jalan Bukit Keminting VII, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, itu sengaja hendak dibakar oleh seseorang namun gagal terjadi," katanya di Palangka Raya, Minggu.

Dengan adanya kejadian tersebut, dirinya meminta pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan terkait dapat segera mengambil langkah-langkah konkret untuk mencegah terjadinya kembali kebakaran rumah.

Hal izin dilakukan agar tidak ada masyarakat yang menjadi korban kebakaran yang tentunya akan kehilangan harta benda dan dikhawatirkan dapat memakan korban jiwa.

"Ini bukan hanya masalah kerugian materi, tapi juga mengancam keselamatan jiwa dan lingkungan. Laporan yang masuk, masyarakat sudah resah dengan kejadian ini," ucapnya.
 
Rusdiansyah menilai kejadian kebakaran yang terjadi akhir-akhir ini menunjukkan kurangnya kewaspadaan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta bantu sosialisasi penggunaan MyPertamina

Ia juga menyoroti peran pemerintah dalam upaya pencegahan kebakaran, khususnya dalam hal edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.
 
"Masyarakat harus lebih waspada dan berhati-hati dalam menggunakan api. Pemerintah juga harus gencar melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran dan cara mencegahnya," ujarnya.
 
Rusdiansyah juga mendorong pemerintah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan kebakaran, seperti menyediakan peralatan dan sumber daya yang memadai serta memperkuat koordinasi antar instansi terkait.
 
Dirinya berharap agar kejadian kebakaran yang terjadi akhir-akhir ini dapat menjadi momentum bagi pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan kebakaran di Kota Palangka Raya.

"Peningkatan kesiapsiagaan dalam penanganan kebakaran sangat penting untuk meminimalisir dampak kerugian dan korban jiwa. Kita harus belajar dari kejadian ini dan mengambil langkah-langkah konkret untuk mencegah terjadinya kembali kebakaran," demikian Rusdiansyah.

Baca juga: Berikut pesan Ketua Sementara DPRD untuk pelamar CPNS di Palangka Raya

Baca juga: DPRD ingatkan peran penting guru cegah kekerasan di sekolah

Baca juga: Pj Ketua TP PKK Palangka Raya dikukuhkan sebagai Ketua Pembina Posyandu

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024