Buntok (ANTARA) - Sebanyak 700 peserta mengikuti lomba memancing dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-65 Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dan hari jadi ke 65 Barito Selatan, kegiatan ini juga untuk Promosi Gerakan Gemar Makan Ikan (Gemarikan), kata Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan di Buntok, Minggu.

"Melalui kegiatan ini juga sebagai promosi dan mengajak masyarakat, terutama Insan pencinta mancing ikan di alam bebas untuk menjaga potensi perairan umum di Barito Selatan," katanya.

Ia mengatakan, hal itu dilakukan agar potensi perairan yang ada di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini bisa tetap lestari.

"Karena, menangkap ikan melalui proses yang tidak bertentangan dengan aturan atau illegal fishing, potensi ikan di perairan di Barito Selatan bisa tetap lestari," ucapnya.

Baca juga: Semarakkan HUT ke-61, SMAN 1 Buntok gelar sejumlah lomba

Melalui kegiatan ini juga dapat dijadikan sarana untuk membudayakan masyarakat supaya gemar mengonsumsi ikan air sebagai sumber protein hewani.

"Ini merupakan salah satu langkah dalam rangka penanganan stunting," ujar pria yang sudah mendapat gelar doktor Ilmu Kebijakan Publik di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 2012 lalu itu.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan, Ida Safitri menambahkan, untuk peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari kelompok umum dan pelajar.

"Untuk jumlah peserta dari umum sebanyak 594 peserta dan dari pelajar sebanyak 106 orang peserta, sedangkan bagi pemenang mendapatkan trofi dan uang pembinaan," kata dia.

Acara pembukaan lomba memancing yang berlangsung di kolam ikan DKPPP Barito Selatan itu dihadiri sejumlah Forum Koordinator  Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Baca juga: AGPAII Barsel perkuat moderasi beragama di lingkungan tenaga pendidik

Baca juga: 108 peserta ramaikan turnamen catur Penjabat Bupati Barsel Cup 2024

Baca juga: DPUPR Barsel laksanakan sertifikasi kepada tenaga jasa konstruksi


Pewarta : Bayu Ilmiawan 
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024