Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalimantan Tengah Sunarti, membenarkan bahwa Presiden Republik Indonesia terpilih untuk periode 2024-2029 Prabowo Subianto, bakal melakukan kunjungan kerja pada saat peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun 2024.

Kehadiran Presiden RI Terpilih itu pun sudah dilakukan rapat koordinasi dan mematangkan segala persiapan penyambutan, kata Sunarti di Palangka Raya, kemarin.

"Kalau untuk puncak peringatan HPS itu akan berlangsung di lokasi cetak sawah di Kabupaten Kapuas," bebernya.

Dia pun mengakui dalam rapat koordinasi kedatangan Presiden RI Terpilih itu, disampaikan juga masalah pertanian yang menjadi isu penting sekaligus memerlukan penanganan segera.

Apalagi, lanjut Sunarti, Kementerian Pertanian saat ini terus menjalankan program strategis untuk meningkatkan produktivitas, salah satunya melalui Perluasan Areal Tanam (PAT) yang sedang gencar dilakukan pada tahun 2024.

"Sekarang ini Kalimantan Tengah menjadi fokus perhatian para stakeholder dan praktisi pertanian, terutama dengan adanya rencana kunjungan Presiden RI terpilih saat peringatan HPS tahun  2024," ujarnya.

Baca juga: Infantino dan Prabowo bahas kerja sama PSSI dan FIFA di Paris

Dirinya pun menyampaikan arahan dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran terkait bagaimana peran penting pemerintah di provinsi ini dalam pembangunan pertanian Nasional. Bahkan Kalimantan Tengah didorong untuk menjadi lumbung pangan yang strategis sebagai daerah penyangga bagi Ibu Kota Negara (IKN), melalui Optimalisasi Lahan (OPLAH) dengan target minimal seluas 500.000 hektar.

Kepala Dinas TPHP Kalteng itu pun menyebut, salah satu tantangan yang dihadapi dalam pembangunan pertanian, khususnya tanaman pangan, adalah semakin berkurangnya Luas Baku Sawah (LBS). Alhasil berdampak pada menurunnya produksi padi pada periode lima tahun terakhir.

Meski begitu, dalam upaya terus meningkatkan produktivitas pertanian, pada tahun 2024 Pemprov Kalteng bekerja sama dengan Bank Kalteng, akan meluncurkan program Kartu Tani Berkah melalui pemberian bantuan kepada petani berupa uang senilai Rp500.000. Di mana bantuan itu untuk pembelian sarana dan produksi pertanian seperti pupuk, pestisida, kapur, dan lain-lain.

"Kami berharap kehadiran Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto di Kalteng, dapat membawa terobosan bagi sektor pertanian, sekaligus solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi di lapangan," demikian Sunarto.

Baca juga: Jokowi beri penghargaan 64 tokoh, mulai Surya Paloh, Prabowo Subianto, hingga Erick Thohir

Baca juga: PKS sudah jalin komunikasi dengan Prabowo Subianto

Baca juga: Megawati Soekarnoputri sampaikan salam hormat kepada Prabowo Subianto

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024