Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota DPRD Kalimantan Tengah Bryan Iskandar menekankan perlu adanya penguatan peran generasi muda oleh pemerintah daerah sebagai agen perubahan dalam berbagai aspek kehidupan.
 
"Sudah saatnya bagi kita untuk melibatkan generasi muda dalam berbagai hal. Karena tidak dipungkiri generasi muda kini memiliki potensi yang luar biasa dalam memajukan daerah," katanya di Palangka Raya, Selasa.
 
Dirinya menilai, generasi muda memiliki posisi strategis mendorong kemajuan daerah dan harus aktif terlibat dalam pembangunan sosial, ekonomi, serta lingkungan.
 
Tak sedikit gerakan yang dilakukan generasi muda menjadi perubahan-perubahan besar yang berdampak pada kemajuan suatu daerah.
 
"Ini karena generasi muda adalah masa depan bangsa dan memiliki tanggung jawab besar untuk menghadirkan perubahan positif bagi daerahnya masing-masing," ucapnya.
 
Bryan melanjutkan, dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini, dinilai dapat mempermudah para generasi mudadi Kalteng untuk berkontribusi dalam hal-hal yang konstruktif.

Baca juga: Palangka Raya mulai diselimuti kabut asap, masyarakat diminta waspada
 
Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Palangka Raya yang berhasil membuat prototipe mobil listrik menggunakan bahan-bahan yang sederhana.
 
"Ini artinya generasi muda saat ini tidak seharusnya hanya menjadi penonton dalam proses pembangunan daerah. Tetapi juga dapat turut serta di dalamnya," ujarnya.
 
Untuk itu Bryan juga mendorong generasi muda juga agar dapat mengambil inisiatif di bidang sosial, pendidikan, ekonomi kreatif, dan lingkungan hidup, mulai dari pengembangan usaha kecil dan menengah, pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, hingga kegiatan sosial yang mendukung masyarakat.
 
Dengan keikutsertaan generasi muda dalam membangun daerah, dirinya meyakini bahwa akan banyak lahir ide-ide serta inovasi yang nantinya akan memberikan dampak pada daerah.
 
"Kita sebagai pemerintah dan pengampu kebijakan, tentunya harus memberikan ruang kepada generasi muda agar peran mereka bisa lebih berkontribusi terhadap daerah," demikian Bryan.

Baca juga: Delapan fraksi DPRD Palangka Raya sepakat bahas perubahan APBD 2024

Baca juga: Legislator berharap partisipasi masyarakat pada Pilkada Gumas capai 99 persen

Baca juga: Anggota DPRD Barut dukung Jangkang Baru ditetapkan jadi Desa Bersinar

Pewarta : Rajib Rizali
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024