Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herson B Aden berharap Bunda Literasi kabupaten bisa memberi arahan, motivasi, serta mendorong peningkatan minat, kegemaran dan budaya baca di masyarakat.
 
Dengan demikian dapat terwujud figur literasi yang berperan sebagai garda terdepan untuk menghidupkan budaya literasi, ucapnya saat mengukuhkan Shella Herson B Aden sebagai Bunda Literasi Gumas di Kuala Kurun, Selasa.
 
“Harapan saya budaya literasi bisa hidup, tumbuh dan berkembang, baik di lingkungan keluarga, pendidikan maupun masyarakat. Itu semua demi tercipta generasi Gumas yang cerdas, kreatif dan inovatif,” sambungnya.
 
Bunda literasi mempunyai sejumlah tugas, antara lain mengampanyekan gerakan nasional gemar membaca di berbagai kalangan melalui berbagai media, dan sebagai figur pembudayaan kegemaran membaca.
 
Tugas lainnya berperan aktif menyukseskan program daerah dalam menumbuhkan dan mengembangkan kegemaran membaca melalui kegiatan pembudayaan membaca, mendorong TP PKK dan Dharma Wanita untuk aktif mensosialisasikan pembudayaan kegemaran membaca.

Baca juga: Rony Karlos nyatakan dukungan ke paslon 1 di Pilkada Gumas 2024
 
Selanjutnya menjadi model dalam media promosi pembudayaan kegemaran membaca, menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan pertemuan atau promosi yang berkaitan dengan peningkatan kegemaran budaya membaca.
 
Lalu memberi masukan, dorongan dan pertimbangan dalam program/kegiatan pembudayaan kegemaran membaca, baik terhadap orang tua, satuan pendidikan dan masyarakat, untuk berpartisipasi terhadap pembudayaan masyarakat literasi.
 
“Semoga pengukuhan Bunda Literasi ini menjadi awal yang baik bagi kita semua, dalam mewujudkan masyarakat Gumas yang gemar membaca dan memiliki pemahaman yang luas,” harap Herson.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Gumas Maria Efianti menyampaikan, kabupaten setempat masuk dalam kategori sedang pada indeks pembangunan literasi.
 
“Maka diharap Bunda Literasi dapat menjadi tokoh yang membantu serta memotivasi seluruh masyarakat Gumas, agar gemar membaca dan menambah ilmu pengetahuan,” demikian Maria.

Baca juga: Pemkab komitmen tingkatkan PPID di Gunung Mas

Baca juga: Pilkada Gumas sajikan 'head to head', Legislator harap daerah tetap kondusif

Baca juga: KPU tetapkan nomor urut paslon peserta Pilkada Gumas 2024

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024