Pulang Pisau (ANTARA) -
Koordinator Wilayah (Korwil) Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Kalimantan Tengah Reyri Kaswanda mengatakan pihaknya telah membangun kerja sama kemitraan strategis bersama offtaker sekaligus pemilik pabrik pengolahan pakan dari jagung pipil bernama Budiono yang disebut-sebut sebagai `Raja Jagung` asal Kalimantan Selatan.
 
“Kemitraan ini menghasilkan penjualan 74 ton jagung pakan pipil sebagai bahan baku pakan ternak. Kita berharap kemitraan ini dapat terus berlanjut dan saling menguntungkan.,” kata Reyri Kaswanda dihubungi dari Pulang Pisau, Rabu.
 
Dikatakan Reyri, Gempita Kalteng melalui kemitraan ini bisa memfasilitasi petani asal Kecamatan Tanjung Riu Kabupaten Gunung Mas dan petani Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kotawaringin Barat.

Diharapkan langkah kemitraan ini menjadi salah satu upaya penting dari Gempita Kalimantan Tengah, dalam memastikan hilirisasi produk pertanian agar berjalan lancar untuk mendukung keberlanjutan sektor pertanian di Kalimantan Tengah.
 
“Kami berharap jalinan kemitraan ini bisa berkesinambungan sehingga meningkatkan minat para petani di Kalimantan Tengah. Kepastian pembeli dan kestabilan harga tentu menjadi fokus utama kami, agar petani semakin bersemangat untuk menanam,” ucap Reyri Kaswanda.

Baca juga: Terobosan Kalteng promosikan produk unggulan pada The 5th Lifestyle Week Osaka
 
Menurutnya, Gempita Kalteng di bawah binaan gubernur dan arahan Dinas TPHP dengan dukungan Dinas Pertanian kabupaten terus berusaha melakukan berbagai inovasi. Para petani keren ini diharap terus berkontribusi dalam meningkatkan hasil pertanian di Kalimantan Tengah.
 
Pemilik pabrik pengolahan pakan dari jagung pipil Kalimantan Selatan Budiono memberikan apresiasi kepada Gempita Kalteng atas keberhasilannya menjembatani para petani dengan pihak industri sehingga pasokan jagung berkualitas untuk pakan ternak dapat terpenuhi.
 
“Kami sangat menghargai usaha Gempita Kalteng dalam membantu para petani dan memastikan pasokan jagung pakan untuk pabrik kami. Ini adalah langkah kerjasama yang sangat positif bagi kemajuan pertanian,” demikian Budiono.

Baca juga: Pemprov Kalteng sidak sejumlah pasar jaga harga bapok tetap stabil

Baca juga: Gubernur kukuhkan Shalahudin sebagai Pjs Bupati Kotim

Baca juga: Gubernur Kalteng harap peserta Pilkada adu gagasan pembangunan

Pewarta : Adi Waskito
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024