Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) mempromosikan produk-produk unggulan dari para pelaku industri kreatif daerah pada ajang internasional, yakni The 5th Lifestyle Week Osaka 2024 di Jepang.
 
"Ini bagian dari upaya pemprov memperkenalkan dan mempromosikan produk unggulan Kalimantan Tengah, sekaligus menjadi kesempatan strategis membuka akses pasar internasional," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalimantan Tengah Rangga Lesmana dihubungi dari Palangka Raya, Kamis.
 
Rangga menegaskan, partisipasi dalam pameran ini adalah wujud komitmen pihaknya dalam mendukung peningkatan daya saing produk daerah.
 
"Kami berharap dapat membuka peluang ekspor baru serta memperluas jaringan dengan pelaku industri kreatif dari berbagai negara," ujarnya pula.
 
Dia menyampaikan, stan Pemprov Kalteng menampilkan ragam produk unggulan seperti kerajinan rotan, produk interior berbasis bahan alami, kado dan suvenir unik yang menggambarkan budaya dan kearifan lokal.
 
"Produk- produk tersebut mendapat perhatian khusus dari pengunjung pameran yang tertarik dengan kualitas dan keunikan barang-barang dari Kalimantan Tengah," ujar Rangga.

Baca juga: Pemprov Kalteng sidak sejumlah pasar jaga harga bapok tetap stabil
 
Menurutnya, melalui pameran ini dapat terjalin kerja sama dengan distributor ataupun pengusaha di Jepang serta membuka jalur ekspor langsung untuk produk- produk unggulan Kalteng.
 
"Apalagi Jepang, memiliki pasar potensial untuk produk ramah lingkungan dan berbasis bahan alami," ujarnya lagi.
 
Pameran dagang internasional ini sejalan dengan Program Pemprov Kalteng dalam memacu perkembangan ekonomi daerah, sehingga tak hanya bertumpu pada sumber daya alam, namun juga dari sektor industri ekonomi kreatif.
 
Melalui partisipasi dalam agenda-agenda internasional ini, maka semakin besar peluang diperolehnya transaksi bisnis dalam bentuk penjualan produk langsung maupun peluang investasi atau permodalan bagi pengembangan usaha di Kalteng.
 
The 5th Lifestyle Week Osaka 2024 merupakan pameran tahunan terbesar di Jepang yang mempertemukan ribuan pelaku industri dari berbagai negara, mulai dari desainer interior, perajin hingga produsen barang-barang gaya hidup.
 
Pameran ini diselenggarakan sejak 25 September hingga 27 September 2024 di Intex Osaka Jepang. Diproyeksikan kegiatan ini mampu menarik sebanyak 45.000 orang pengunjung dari Jepang serta negara lain.

Baca juga: Gubernur kukuhkan Shalahudin sebagai Pjs Bupati Kotim

Baca juga: Gubernur Kalteng harap peserta Pilkada adu gagasan pembangunan

Baca juga: DPMPTSP pacu investasi di Kalteng, optimalkan jejaring promosi dan informasi

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024