Nanga Bulik (ANTARA) -
Penjabat Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Said Salim bersama Desa Sumber Mulya meraih penghargaan tingkat nasional dalam Malam Apresiasi Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN), Penggerak Swadaya Masyarakat Teladan, dan Tenaga Pendamping Profesional Inspiratif tahun 2024.
 
Adapun dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Lamandau menerima penghargaan atas komitmen dan dedikasi dalam membina Desa Wisata, sehingga Desa Sumber Mulya meraih peringkat ke-13 dalam Kategori Desa Maju/Mandiri dalam LDWN Tahun 2024.
 
"Dalam tiap kesempatan kami selalu mendorong cara berpikir masyarakat agar tidak sekedar membuat desa wisata, namun juga berpikir untuk melestarikan alam," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim di sela kegiatan.
 
Dia menyampaikan, melalui pembangunan seperti itu, maka desa wisata, akan sangat bagus dan dipastikan memiliki keberlanjutan yang tinggi apabila diniatkan untuk kelestarian alam.
 
Sementara itu, dalam kegiatan yang berlangsung di Bali tersebut, Pj Bupati Lamandau turut didampingi Kepala Dinas Pariwisata Lamandau.

Baca juga: Pemkab Lamandau komitmen cegah dan berantas korupsi
 
Kegiatan ini juga dihadiri Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT, 30 bupati/wali kota serta para pegiat desa wisata yang meraih penghargaan pada ajang Lomba Desa Wisata Nusantara 2024.
 
Beberapa kategori yang diperlombakan pada ajang LDWN 2024, di antaranya Kategori 1 Desa Sangat Tertinggal, Tertinggal dan Berkembang, Kategori 2 Desa Maju dan Mandiri, dengan total peserta tahun ini mencapai 3.241 desa. Juga dilaksanakan lomba media sosial, penggerak swadaya masyarakat, lomba fotografi, hingga twibon.

Baca juga: Pacu perekonomian daerah, Pemkab Lamandau optimalkan sektor pariwisata

Baca juga: Pj Bupati Lamandau minta para camat pacu kinerja

Baca juga: Pj Bupati Lamandau ajak masyarakat sukseskan Pilkada 2024

Pewarta : Yansyah/Arif Hidayat
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024