Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah Ferry Khaidir mengajak sekaligus meminta seluruh generasi muda yang ada di daerah ini, agar dapat lebih proaktif dalam melestarikan budaya di provinsi ini.

Patut diapresiasi setinggi-tingginya atas semakin banyaknya generasi muda yang aktif dalam melestarikan budaya daerah, katanya di Palangka Raya, Selasa.

"Itu dapat dilihat jelas melalui banyaknya sanggar seni yang tersebar di provinsi ini. Tetapi memang harus tetap lebih proaktif lagi," tambahnya.

Politisi muda dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menilai, keterlibatan anak-anak usia dini dalam berbagai kegiatan budaya sebagai hal yang sangat positif. Untuk itu dirinya berharap, dengan semakin banyaknya generasi muda yang tertarik pada kebudayaan daerah, warisan budaya Kalimantan Tengah akan terus lestari dan dikenal lebih luas.

"Mereka adalah generasi penerus yang akan menjaga dan memperluas keberlanjutan budaya kita di masa depan. Ini harus kita apresiasi dengan membuat berbagai kebijakan serta kegiatan," ucapnya.

Ferry menyebut, keterlibatan anak muda dalam melestarikan budaya, bukan sekadar hiburan atau hobi, tetapi juga merupakan upaya penting untuk melindungi identitas lokal dari pengaruh modernisasi yang semakin berkembang pesat.

Dia mengatakan, keberadaan sanggar-sanggar seni yang ada saat ini telah menjadi wadah penting bagi generasi muda untuk belajar, berlatih, dan mengembangkan berbagai bentuk seni tradisional.

"Mulai dari tarian daerah, musik tradisional, hingga kerajinan tangan khas Kalimantan Tengah, semuanya dapat dipelajari dan dikembangkan di sanggar-sanggar tersebut," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah daerah diminta perkuat peran generasi muda

Ferry juga meminta kepada pemerintah daerah agar dapat memberikan dukungan dan fasilitas bagi generasi muda dalam mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang seni budaya.

Dengan adanya dorongan dan dukungan dari berbagai pihak, dirinya optimis bahwa generasi muda akan mampu membawa kebudayaan Kalimantan Tengah lebih dikenal luas, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga nasional bahkan internasional.
 
"Harapan kami, anak-anak dan remaja ini bisa tumbuh menjadi duta-duta budaya yang berperan aktif dalam melestarikan dan mempromosikan budaya Kalteng di berbagai kesempatan," demikian Ferry.

Baca juga: Pemda se-Kalteng diminta pastikan ketersediaan air bersih kepada masyarakat

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemerintah lebih perhatikan layanan transportasi

Baca juga: Papat paripurna perdana, DPRD Kalteng bahas lima raperda

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024