Kuala Kapuas (ANTARA) -
Legislator Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Arhensa Mullah Muhammad mengajak masyarakat terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan jati diri bangsa,” kata Arhensa di Kuala Kapuas, Selasa.
 
Hal itu disampaikan politisi dari Partai Bulan Bintang (PBB) ini, usai menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kapuas.
 
Dia menjelaskan penerapan nilai-nilai Pancasila tidak hanya sebatas pada seremonial atau upacara, tetapi juga harus diimplementasikan dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
 
Nilai-nilai Pancasila yang meliputi ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial dapat menjadi pedoman dalam berperilaku sehari-hari.

Baca juga: DPMD dukung optimalisasi usaha perhutanan sosial di Tumbang Mangkutup

Arhensa menekankan dengan mengamalkan sila-sila Pancasila, masyarakat dapat hidup dalam harmoni, saling menghormati perbedaan, dan menjunjung tinggi keadilan serta persamaan hak.
 
Lebih lanjut, di tengah tantangan globalisasi dan modernisasi, penting bagi masyarakat untuk tidak melupakan jati diri bangsa yang tercermin dalam Pancasila.

Wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas I Kecamatan Selat ini berharap masyarakat khususnya generasi muda, dapat menjadi teladan dalam mengamalkan Pancasila, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun di tempat kerja.
 
Dalam kesempatan tersebut, Arhensa juga mengajak berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, tokoh adat, dan pemuda, bersama-sama memperkuat semangat gotong royong, toleransi, dan persatuan dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa.
 
“Dengan demikian, nilai-nilai Pancasila akan tetap hidup dan menjadi fondasi kuat dalam menjaga keutuhan dan keberlanjutan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” demikian Arhensa.
 
Sebagai bagian dari prosesi upacara, Arhensa mendapat kehormatan untuk membacakan ikrar kesetiaan kepada Pancasila.

Ikrar tersebut menjadi penegasan komitmen seluruh elemen masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta tetap setia pada ideologi Pancasila yang telah mempersatukan bangsa Indonesia.

Baca juga: Bawaslu Kapuas ingatkan paslon wajib kantongi STTP kampanye

Baca juga: Partai Golkar optimistis pasangan Erlin-Alberkat menang di Pilkada Kapuas

Baca juga: DPRD dukung berbagai pembangunan di lingkungan Kejari Kapuas

Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024