Kuala Kapuas (ANTARA) -
Posyandu Segar Waras yang terletak di Desa Warna Sari, Kecamatan Tamban Catur, Kabupaten Kapuas menjadi salah satu peserta dalam penilaian lapangan lomba Posyandu terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2024.
 
“Posyandu ini berhasil masuk dalam tahap penilaian lapangan setelah melewati seleksi awal yang ketat, dan menunjukkan berbagai inovasi dalam pelayanan kesehatan masyarakat, terutama bagi ibu dan anak,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kapuas Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Jumat.
 
Hal itu disampaikan, saat memberikan sambutan pada kegiatan penilaian lapangan lomba Posyandu terbaik tingkat Provinsi Kalteng 2024 di halaman Kantor Pemerintah Desa Warna Sari.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Darliansjah, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, tim penilai lomba dan sejumlah masyarakat setempat.
 
Sebagai posyandu yang aktif melayani masyarakat desa, Segar Waras terus berupaya memberikan layanan kesehatan optimal, seperti pemantauan pertumbuhan anak, imunisasi, serta penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil dan balita.
 
Selain itu, posyandu ini juga dikenal dengan program inovatifnya, seperti pengenalan pola hidup sehat kepada masyarakat melalui kegiatan senam bersama, penyuluhan gizi seimbang, serta kerja sama dengan berbagai pihak dalam penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai.

Baca juga: Pemdes Tumbang Mangkutup terima bantuan tujuh unit perahu
 
Dalam lomba posyandu terbaik tingkat provinsi ini, tim penilai meninjau berbagai aspek, seperti kebersihan, kelengkapan administrasi, partisipasi kader, serta inovasi dalam pelayanan.
 
“Kehadiran Posyandu Segar Waras dalam kompetisi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Desa Warna Sari, tetapi juga memberikan motivasi bagi kader posyandu untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang mereka berikan,” katanya.
 
Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, Posyandu Segar Waras berharap dapat meraih predikat sebagai posyandu terbaik di Kalimantan Tengah, serta memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di tingkat desa hingga provinsi.

Baca juga: DPMD Kapuas dukung Bawaslu kawal netralitas aparatur desa

Baca juga: TP PKK edukasi pelajar Kapuas Timur cegah perkawinan usia anak

Baca juga: Bawaslu ingatkan kades dan lurah di Kapuas jaga netralitas dalam Pilkada

Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024