Kuala Kapuas (ANTARA) -
Pemerintah Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menerima bantuan berupa tujuh unit perahu ces yang berasal dari pemerintah daerah setempat melalui aspirasi anggota DPRD Kapuas.
 
“Kami menyampaikan terima kasih kepada Dinas Tanaman Pangan dan Perikanan Kapuas, dan juga anggota DPRD Kapuas Algrin Gasan yang telah membantu para nelayan di desa kami,” kata Kepala Desa Tumbang Mangkutup Suriato di Kuala Kapuas, Jumat.
 
Bantuan ini ditujukan untuk mendukung kelompok nelayan di desa tersebut, yang sebagian besar warganya menggantungkan hidup pada kegiatan perikanan di sungai.

Perahu ces ini sangat bermanfaat bagi nelayan dalam meningkatkan efisiensi dalam menangkap ikan, terutama di daerah-daerah sungai yang sulit dijangkau.
 
“Kelompok perikanan yang menerima bantuan tersebut merasa sangat terbantu dengan adanya perahu ini, karena alat transportasi seperti perahu ces merupakan kebutuhan utama bagi para nelayan di wilayah pedalaman,” jelasnya.

Baca juga: DPMD Kapuas dukung Bawaslu kawal netralitas aparatur desa
 
Bantuan ini, lanjutnya, tidak hanya memudahkan mobilitas mereka di sungai, tetapi juga diharap meningkatkan produktivitas hasil tangkapan, yang pada gilirannya berdampak positif terhadap perekonomian desa.
 
Pemerintah Desa Tumbang Mangkutup menyampaikan apresiasi kepada anggota DPRD yang telah menyalurkan aspirasi tersebut dan berharap bantuan ini dapat terus ditingkatkan di masa mendatang.

Mereka juga berharap ada pendampingan lebih lanjut dalam bentuk pelatihan atau bantuan lain yang dapat menunjang kesejahteraan masyarakat nelayan.
 
Dengan adanya bantuan ini, diharap dapat tercipta perubahan signifikan dalam kesejahteraan masyarakat melalui sektor perikanan Desa Tumbang Mangkutup, sekaligus menjadi motivasi bagi desa-desa lain untuk memanfaatkan bantuan serupa demi kemajuan bersama.
 
“Perahu ini akan diserahkan untuk perawatan dan kelolanya kepada Kelompok yang ada, serta bekerja sama dengan unit usaha BUMDES Kapakat Atei Desa Tumbang Mangkutup,” terangnya.
 
Selain digunakan untuk kegiatan kelompok perikanan, tambahnya, perahu ces ini juga difungsikan sebagai transportasi wisata susur sungai, mengingat Desa Tumbang Mangkutup, sering dikunjungi wisatawan asing maupun lokal.

Baca juga: TP PKK edukasi pelajar Kapuas Timur cegah perkawinan usia anak

Baca juga: Bawaslu ingatkan kades dan lurah di Kapuas jaga netralitas dalam Pilkada

Baca juga: Disdukcapil Kapuas jemput bola pembuatan KIA langsung ke sekolah

Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024