Muara Teweh (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menjadwalkan tahapan kampanye debat publik atau debat terbuka pasangan calon kepala daerah pada Pilkada 2024 disiarkan secara langsung (live) oleh televisi daerah dan nasional.

"Rencana debat publik dilakukan dua kali di tempat yang berbeda dan sudah kami sampaikan pemberitahuan awal kepada tim kampanye masing-masing pasangan calon," kata Ketua KPU Barito Utara Siska Dewi Lestari di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia, metode kampanye yang difasilitasi KPU Barito Utara ini  untuk debat pertama akan diselenggarakan di Jakarta melalui siaran langsung televisi nasional yaitu Kompas TV yang direncanakan pada 29/30 Oktober 2024.

Kemudian debat kedua, katanya, dilaksanakan di Muara Teweh disiarkan televisi daerah yakni TVRI Kalteng pada 9 November 2024.  

"Dalam tahapan persiapan debat berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1363 Tahun 2024 akan ada yang namanya Tim Perumus," kata dia. 

Baca juga: Pilkada Barito Utara Gogo-Hello nomor urut 1 dan Agi Saja nomor urut 2

Baca juga: KPU Barito Utara tetapkan DPT pilkada 114.980 pemilih

Dia mengatakan, tim perumus ini nantinya juga bersama dengan KPU Kabupaten Barito Utara bertugas membantu merumuskan desain dan format debat nantinya, tema debat, tata tertib debat dan lain sebagainya. 

"Kami sudah mempersiapkan siapa saja yang menjadi tim perumus dan nanti akan ada semacam rapat koordinasi bersama tim pasangan calon. Disitu juga akan kami sampaikan dan hadirkan siapa-siapa saja yang menjadi tim perumus," kata Siska.

Pilkada Barito Utara diikuti dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara yaitu H Gogo Purman Jaya dan Hendro Nakalelo (Gogo-Helo) nomor 1 dan Akhmad Gunadi Nadalsyah dan Sastra Jaya (Agi-Saja) nomor 2.

Pewarta : Kasriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024