Muara Teweh (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menetapkan nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara pada Pilkada Serentak 2024 yaitu H Gogo Purman Jaya dan Hendro Nakalelo (Gogo-Helo) nomor 1 dan Akhmad Gunadi Nadalsyah dan Sastra Jaya (Agi-Saja) nomor 2 di Muara Teweh, Senin.

Rapat pleno terbuka dipimpin Ketua KPU Barito Utara Siska Dewi Lestari dihadiri Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis, Kapolres Barito Utara AKBP Gede Eka Yudharma, Ketua Bawaslu Barito Utara, Ketua Pengadilan Agama, Kejari, Pasi Intel Kodim 1013 Muara Teweh, serta pimpinan partai pengusung maupun pendukung kedua Paslon dan para simpatisan.

Kedua pasangan calon tersebut juga diusung oleh beberapa partai politik yang menjadi pendukung pasangan Gogo Purman Jaya-Hendro Nakalelo didukung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Kemudian pasangan Akhmad Gunadi Nadalsyah dan Sastra Jaya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Golongan Karya (Golkar), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara tersebut tertuang dalam berita acara yang ditandatangani Ketua KPU Barito Utara, Siska Dewi Lestari, serta kedua Paslon. Penetapan nomor urut ini merupakan langkah awal dalam persiapan pelaksanaan Pilkada 2024 yang akan memilih pemimpin baru untuk Kabupaten Barito Utara.

"Setelah penetapan nomor urut, para paslon juga menyampaikan komitmen dan visi-misi mereka kepada masyarakat. Mereka menegaskan bahwa konstelasi partai yang mendukung mereka memberikan landasan yang kuat untuk menjalankan program-program pembangunan yang mereka gagas," kata Ketua KPU Barito Utara Siska Dewi Lestari.

Saat ini masyarakat di daerah ini pun mulai memperhatikan dan mempertimbangkan pilihan mereka dalam Pilkada mendatang. Dukungan dari partai politik dan visi-misi Paslon menjadi pertimbangan utama bagi pemilih untuk menentukan pilihannya dalam pemilihan nanti.

Pilkada 2024 di Kabupaten Barito Utara diproyeksikan akan menjadi ajang demokrasi yang sesungguhnya, di mana masyarakat akan dapat secara langsung menentukan pemimpin yang dianggap mampu membawa kemajuan bagi daerah mereka. 

Sejumlah isu strategis, seperti pembangunan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pendidikan, kesehatan, serta pengelolaan lingkungan akan menjadi fokus utama dalam perdebatan publik dan kampanye pada Pilkada mendatang.

Sebagai langkah antisipasi terhadap potensi konflik dan gesekan, para pihak terkait diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang kondusif dan damai menjelang dan selama pelaksanaan Pilkada. 

Selain itu, keterlibatan aktif masyarakat dalam mengawasi jalannya Pilkada serta menghindari politik uang dan konflik kepentingan menjadi upaya bersama untuk menyelenggarakan Pilkada yang jujur, adil, dan bermartabat.

Dengan ditetapkannya nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara, suasana Pilkada di daerah tersebut semakin terasa dan menandai dimulainya tahapan-tahapan krusial menuju pesta demokrasi tersebut. 

Dia mengatakan, hal ini tentu menjadi momen penting bagi masyarakat Barito Utara untuk secara cermat memilih pemimpin yang diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi daerah tersebut.

Persiapan bagi Pilkada 2024 di Kabupaten Barito Utara saat ini menjadi sorotan masyarakat, dan respons serta partisipasi aktif dari berbagai pihak diharapkan dapat menciptakan Pilkada yang berkualitas dan memberikan hasil yang terbaik bagi kemajuan daerah. 

"Selain itu, informasi yang transparan dan akurat mengenai proses pilkada juga menjadi kunci partisipasi masyarakat dalam menentukan pilihannya pada saat pemilihan nanti," katanya.
 

Pewarta : Kasriadi
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024