Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Arif meminta kepada pemerintah setempat, agar dapat menambah fasilitas tim pemadam kebakaran.

Permintaan tersebut karena masih terdapat kekurangan fasilitas dalam memadamkan api di kondisi tertentu," kata Arief di Palangka Raya, Rabu.

"Kita harus belajar dari kejadian-kejadian kebakaran sebelumnya, misalnya di gereja Maranatha," ucpanya.

Menurut dirinya, kebakaran yang terjadi di Gereja Maranatha membuat tim pemadam kebakaran mengalami kesulitan untuk memadamkan api akibat tingginya titik kobaran api. Sementara jarak semprotan air dari petugas pemadam terbatas sehingga dikhawatirkan menjadi kendala pada saat tim memadamkan api pada kondisi titik api yang tinggi.

"Pemadaman api yang terlalu tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi tim pemadam kebakaran, mungkin kedepan perlu ada peningkatan fasilitas yang lebih baik," ujarnya.

Arif pun mengusulkan kepada Pemkot Palangka Raya, agar tidak hanya berfokus pada peningkatan fasilitas pemadam kebakaran yang disiapkan oleh dinas terkait, tetapi juga memberdayakan masyarakat di tingkat kelurahan hingga Rukun Warga (RW).

Legislator Palangka Raya itu mengatakan, dengan menyediakan alat pemadam kebakaran sederhana di tingkat masyarakat, kebakaran dapat dicegah lebih dini sebelum api membesar dan membuat kerugian yang cukup besar.

Baca juga: Bawaslu diminta tegas awasi pelaksanaan pilkada di Palangka Raya

"Saat menunggu petugas pemadam kebakaran datang, terkadang api sudah membesar. Kalau ada fasilitas pemadam yang bisa diakses warga, antisipasi bisa dilakukan lebih cepat," ujarnya.

Dirinya menekankan pentingnya kesiapsiagaan di setiap RT dan RW, serta kolaborasi swadaya masyarakat untuk mencegah meluasnya kebakaran. Untuk itu, usulan ini diharapkan dapat menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat Kota Palangka Raya untuk meminimalisir dampak kebakaran di masa depan.

"Apalagi akhir-ahir ini kerap terjadi kebakaran di Kota Palangka Raya. Sudah seharusnya pemerintah dan masyarakat meningkatkan kewaspadaan agar kejadian ini tidak terulang kembali," demikian Arif.

Baca juga: Program Police Goes to School bermanfaat bagi pelajar Palangka Raya

Baca juga: Diskominfo Palangka Raya perkuat penerapan SPBE lewat program magang

Baca juga: Pemko Palangka Raya terus optimalkan peran Posyandu tingkatkan kesehatan masyarakat

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024