Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Aprae Vico Ranan menilai program Police Goes to School sangat bermanfaat bagi pelajar, polisi selalu memberikan edukasi kepada pelajar tentang pentingnya berperilaku di dalam atau di luar lingkungan sekolah.

"Program ini tidak hanya menunjukkan kepedulian aparat keamanan terhadap generasi muda, tetapi juga memberikan nasehat yang berharga. Kami berharap para pelajar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan menghindari perilaku negatif," kata Vico di Palangka Raya, Senin.

Dia menekankan, pentingnya kesadaran siswa untuk tidak terlibat dalam tindakan kriminal. Ia menjelaskan, tindakan tersebut tidak hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga dapat mencoreng nama baik sekolah dan keluarga.

Kegiatan Police Goes to School ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif, serta menanamkan nilai-nilai positif bagi pelajar.

"Dengan adanya program tersebut, diharapkan siswa atau pelajar akan lebih memahami pentingnya disiplin dan tanggung jawab sebagai bagian dari proses pendidikan mereka," katanya.

Orang nomor dua di lingkup Disdik Kota Palangka Raya itu juga menambahkan, para siswa yang mendapatkan edukasi dari pihak kepolisian tentunya akan mengingat selalu mana yang baik dan mana yang tidak baik dalam selama bergaul dengan rekannya.

Bahkan pihaknya juga sudah bisa memilih mana perbuatan yang melanggar hukum dan mana yang tidak melanggar hukum. Dengan diperjelas diberikan edukasi terkait hal-hal yang dilarang dilakukan, para siswa baik dari sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pasti akan mematuhinya karena mereka diberikan pengetahuan sejak dini.

"Harapan saya dengan adanya edukasi seperti ini di setiap sekolah baik tingkat SD dan SMP serta jenjang tertinggi lainnya, bisa menjadikan anak-anak kita menjadi disiplin dan patuh sehingga tidak berbuat yang tindakannya berbau hukum," demikian Vico.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan anggota Polresta Palangka Raya pada hari Senin (7/10) juga ada melaksanakan program Police Goes to School di SDN-1 Pahandut yang terletak di Jalan Jawa, Kota Palangka Raya.

Personel Polri saat berada di sekolah memberikan edukasi kepada para siswa agar tidak melakukan perbuatan tindakan kejahatan yang nantinya bisa berurusan dengan hukum.

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 1
Copyright © ANTARA 2024