Puruk Cahu (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran didampingi Ketua TP-PKK Kalteng Ivo sugianto Sabran melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka melaksanakan pasar murah di Kabupaten Murung Raya, Kamis (10/10).

Kedatangan Gubernur Kalteng  beserta istri dan rombongan itu sendiri disambut oleh Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon serta unsur Forkopimda pada kegiatan yang dilaksanakan di lapangan utama Alun-alun Jorih Jerah di Puruk Cahu.

Penjabat Bupati Murung Raya Hermon menyampaikan terima kasih kepada pihak pemprov atas perhatiannya kepada masyarakat Murung Raya dengan melaksanakan pasar murah, yang kemudian disubsidi menjadi gratis. Di mana tersedia 4.500 karung beras yang disubsidi menjadi gratis kepada warga Murung Raya dan dibagikan di tiga tempat.

"Tiga tempat itu yakni, Kelurahan Beriwit, Kelurahan Puruk Cahu Seberang dan Kelurahan Muara Laung. Di mana masing-masing tempat dibagikan 1.500 karung beras," beber di.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pemprov atas dukungannya kepada Kabupaten Murung Raya dalam rangka mewujudkan Murung Raya sebagai salah satu lumbung di provinsi tersebut. Sebab, beberapa waktu lalu sudah dilakukan penanaman perdana tanaman padi gogo di salah satu desa di Kecamatan Tanah Siang Selatan, yang turut dihadiri juga perwakilan Kementerian Pertanian.

"Kedepan penanaman di desa lain saya harapkan dapat dihadiri oleh Pak Gubernur Kalteng," kata Hermon.

Sementara itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan kunjungan kerja ke Murung Raya, dalam rangka menekan inflasi terhadap harga kebutuhan pokok di provinsi tersebut dengan cara melaksanakan pasar murah.

"Kegiatan ini dilaksanakan di semua kabupaten kota di Provinsi Kalteng dan menjadi program pemprov beberapa tahun kebelakang. Dampak dari kegiatan ini menjadikan Kalteng di posisi empat dari semua provinsi di Indonesia yang bisa menekan inflasi," ujar Sugianto.

Baca juga: Ajak berpikir positif, Gubernur Kalteng tegaskan pasar penyeimbang bantu masyarakat

Selain itu juga, Sugianto berharap agar semua kabupaten di Kalteng dalam memanfaatkan lahan dengan cara menanami berbagai macam tanaman pangan hingga sayuran agar tidak selalu tergantung dengan daerah lain.

"Murung Raya ini kaya akan sumber daya alam, contohnya seperti batu bara. Tentu bila ini terus dikeruk lambat laun akan habis. Untuk itu mulai dari sekarang coba pikirkan alternatif lain agar kita di Kalteng ini tidak lalu jadi konsumen, upayakan menjadi produsen," ucapnya.

Disela sambutan itu, Gubernur Kalteng berinteraksi dengan warga yang datang dalam kegiatan pasar murah tersebut sambil memberikan hadiah berupa uang maupun paket perjalanan rohani, baik itu Umrah bagi yang Islam dan ziarah ke Kota Yerusalem untuk yang kristen kepada beberapa orang tua, janda maupun ibu hamil.

Baca juga: Gubernur tegaskan program bantuan untuk masyarakat, bukti hadirnya pemerintah

Baca juga: Gubernur Kalteng gratiskan paket sembako pasar murah tiga kelurahan di Kobar

Baca juga: Gubernur Kalteng ajak masyarakat bersama-sama ciptakan Pilkada damai

Pewarta : Supriadi
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024