Sampit (ANTARA) - Optimisme sangat terasa saat deklarasi dan pengukuhan Relawan Muda HARATI ketika ratusan pemuda menyampaikan komitmennya untuk memenangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor dan Irawati atau akrab disapa HARATI. 

"Saya mendukung HARATI  karena pembangunan selama kepemimpinan Bupati Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati sudah sangat bagus, meski ada kekurangan karena masa jabatan beliau hanya 3,5 tahun dan dilanda COVID-19. Tapi capaian saat ini sudah sangat bagus," kata Koordinator Relawan Muda HARATI, Dita Asika Triani di Sampit, Minggu malam.

Pengukuhan Relawan Muda HARATI dihadiri lebih dari 200 pemuda dan pemudi dari berbagai latar belakang. Ada yang merupakan mahasiswa, pelajar, komunitas motor, pelaku seni dan lainnya.

Mereka merupakan pemilih pemula yang menyatakan dukungan kepada pasangan Halikinnor-Irawati atau HARATI. Bahkan mereka dengan penuh semangat mengucapkan ikrar menjadi relawan untuk ikut memenangkan pasangan Halikinnor-Irawati. 

Acara deklarasi dan pengukuhan Relawan Muda HARATI diawali dengan doa bersama lintas agama. Pemuda perwakilan masing-masing agama secara bergantian membacakan doa untuk kelancaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dan kemenangan pasangan HARATI. 

Generasi muda yang sering disebut dengan Generasi Z atau Gen Z ini menyatakan dukungan kepada petahana karena melihat bukti kemajuan pembangunan Kotawaringin Timur selama di bawah kepemimpinan pasangan Halikinnor-Irawati. 

Secara khusus, pemerintahan Halikinnor-Irawati dinilai peduli terhadap generasi muda. Dukungan diberikan kepada berbagai kegiatan kepemudaan, mulai dari organisasi, olahraga, seni, budaya, keagamaan, pendidikan, ekonomi dan lainnya.

"Perhatian pemerintahan HARATI terhadap pemuda sangat bagus. Kami yakin pemuda akan mendapat perhatian dalam pembangunan di era pemerintahan HARATI ," demikian Dita.

Sementara itu Halikinnor mengaku terharu atas dukungan besar dari Gen Z. Dia mengapresiasi karena biasanya tidak banyak pemuda yang mau ikut andil dalam kegiatan politik, namun para Relawan Muda HARATI dengan penuh semangat berikrar menyampaikan dukungan.

"Melihat kalian yang sangat bersemangat seperti ini, saya juga menjadi semakin bersemangat. Saya semakin optimis kita bisa memenangi pilkada ini nanti," ujar Halikinnor. 

Baca juga: Relawan Pro HNR kompak arahkan dukungan ke Halikinnor-Irawati

Halikinnor mengatakan, pemuda memang menjadi salah satu perhatian pemerintahannya. Dengan besarnya jumlah kaum Gen Z, mereka bisa diarahkan untuk berpartisipasi signifikan dalam pembangunan. 

Untuk itu Halikinnor berharap keberadaan Relawan Muda HARATI tidak sekadar mendukung dan memperjuangkannya hingga terpilih memenangi pilkada, tetapi juga mengawal pemerintahan agar pemerintah bisa konsisten dalam memperjuangkan nasib masyarakat.

Halikinnor juga menyampaikan sejumlah program yang akan dilanjutkan dan dibuat jika kembali terpilih memimpin Kotawaringin Timur. Salah satunya adalah program "Sampit Youth Creative Center" yang nantinya menjadi wadah menyalurkan dan mengembangkan potensi generasi muda di bidang ketenagakerjaan, seni, budaya, ekonomi kreatif dan lainnya. 

Menurutnya, Kotawaringin Timur mempunyai potensi sumber daya alam dan ekonomi yang masih cukup besar. Diperlakukan sumber daya manusia yang bagus untuk mengoptimalkan potensi tersebut. 

Gen Z perlu perhatian agar potensi mereka bisa disalurkan dan dikembangkan dengan baik. Pemerintah daerah akan terus ambil bagian dalam pembinaan ini agar generasi muda bisa mandiri dan meneruskan pembangunan daerah ini dengan baik.

"Harus ada kiprah pemuda dalam pembangunan. Pemuda jangan mau selalu diidentikkan dengan tawuran atau kenakalan remaja. Kotim bisa menjadi barometer Kalimantan Tengah jika anak mudanya semakin mandiri dan kreatif," demikian Halikinnor. 

Sementara itu Ketua Tim Pemenangan HARATI, Angga Aditya Nugraha menyampaikan terima kasih atas dukungan Relawan Muda HARATI. Dia mengajak seluruh relawan untuk semakin kompak dan bekerja keras dalam membantu memenangkan pasangan Halikinnor-Irawati. 

"Ingat, 25 persen penduduk Kotawaringin Timur merupakan Gen Z. Kita bisa membawa pengaruh besar terhadap pembangunan di daerah ini. Makanya kita harus mendukung pasangan HARATI untuk melanjutkan pembangunan dengan melibatkan pemuda," ujar Angga.

Putra kedua Halikinnor yang kini duduk menjadi anggota DPRD Kotawaringin Timur ini juga merasa bersemangat karena merasa bagian dari generasi muda. Dia mengajak Gen Z berjuang bersama pasangan HARATI agar keberlanjutan pembangunan nantinya tetap mengakomodasi kaum muda di daerah ini.

Baca juga: Relawan: Halikinnor-Irawati terbukti bawa Kotim lebih maju

Baca juga: Serap aspirasi pedagang Pasar Keramat, ini janji Halikinnor

Baca juga: Halikinnor pastikan tingkatkan upaya perluasan kesempatan kerja

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024