Sampit (ANTARA) - Puluhan warga Kecamatan Mentawa Baru Ketapang berduyun-duyun menjadi relawan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor dan Irawati karena menilai pasangan petahana itu telah terbukti membawa daerah ini lebih maju.

"Beliau (Halikinnor) masih layak untuk dipilih memimpin Kotawaringin Timur karena sudah mempunyai program-program yang jelas," kata Agus, salah seorang tokoh masyarakat di Sampit, Minggu.

Kepercayaan itulah yang membuat puluhan orang bergabung menjadi relawan untuk mendukung Halikinnor-Irawati atau akrab disebut HARATI. Mereka bergabung dalam sebuah kelompok yang mereka beri nama Relawan 1 Hati.

Halikinnor diundang untuk mengukuhkan pembentukan relawan ini. Halikinnor datang didampingi putra keduanya Angga Aditya Nugraha yang sekaligus Ketua Tim Pemenangan HARATI. 

Menanggapi tingginya antusias masyarakat yang memberikan dukungan, bahkan dengan suka cita menjadi relawan, Halikinnor mengaku terharu. Jika kembali terpilih, dia berjanji akan menjawab kepercayaan itu dengan bekerja lebih keras lagi dalam membangun Kotawaringin Timur. 

"Untuk periode ini, saya mohon maaf belum maksimal karena keterbatasan anggaran yang kita hadapi akibat pandemi COVID-19 dan kewajiban membayar kegiatan pembangunan. Tapi sekarang keuangan daerah kita semakin membaik," kata Halikinnor. 

Halikinnor menyampaikan beberapa program yang akan dilaksanakannya jika dipercaya kembali memimpin Kotawaringin Timur untuk periode kedua. Ada program lanjutan yang akan ditingkatkan, ada pula program baru yang sudah siap dijalankan. 

Salah satu prioritas adalah bidang ketenagakerjaan. Tujuannya untuk memperluas kesempatan kerja melalui pembukaan lapangan kerja baru maupun peningkatan bagi lapangan kerja yang sudah ada saat ini.

Baca juga: Serap aspirasi pedagang Pasar Keramat, ini janji Halikinnor

Dia mencontohkan, pabrik pakan ternak dan pakan ikan yang diharapkan segera selesai, diyakini akan membawa dampak positif bagi masyarakat. Kesempatan kerja di bidang ini akan semakin terbuka sehingga membawa dampak terhadap peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 

"Selama ini kendala kita adalah harga pakan yang mahal. Kalau kita sudah produksi pakan sendiri, maka keuntungan peternak kita diharapkan menjadi jauh lebih besar. Ini akan menguntungkan masyarakat kita," tambah Halikinnor.

Pemerintah daerah juga akan membangun pabrik es balok. Ini untuk membantu nelayan agar ikan hasil tangkapan mereka bisa disimpan lebih lama sehingga bisa dipasarkan lebih luas lagi hingga ke luar daerah.

Kotawaringin Timur juga terus meningkatkan sektor pertanian, apalagi diharapkan menjadi salah satu daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). Hasil pertanian Kotawaringin Timur nantinya akan diserap untuk membantu pasokan ke IKN.

Artinya, sektor pertanian akan meningkat dan membuka kesempatan kerja lebih banyak lagi. Terlebih, Kotawaringin Timur juga dipercaya ikut dalam program Food Estate dengan alokasi membuka lahan pertanian seluas 58 ribu hektare akan dibuka untuk pertanian.

Halikinnor juga berjanji akan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi generasi muda, khususnya Generasi Z atau Gen Z. Dukungan akan diberikan agar Gen Z lebih produktif dan mandiri bagi diri sendiri maupun memberi manfaat bagi orang lain.

"Kami tidak berbicara perubahan karena perubahan yang lebih baik itu sudah kita lakukan. Kalau dipercaya, perubahan kemajuan itu akan kita lanjutkan dan kita tambah program-program baru," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Halikinnor pastikan tingkatkan upaya perluasan kesempatan kerja

Baca juga: HARATI representasi aspirasi kaum perempuan

Baca juga: Ratusan warga Baamang sampaikan dukungan untuk Halikinnor-Irawati

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024