Sampit (ANTARA) - Dukungan terus mengalir kepada pasangan petahana Halikinnor dan Irawati atau akrab disapa HARATI, kali ini dari ratusan warga Kecamatan Baamang yang menyatakan siap memperjuangkan agar pasangan ini kembali memenangi pemilihan kepala daerah (pilkada) sehingga kembali terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur. 

"Dari kursi yang tersedia di tempat ini ada 300 kursi, tapi yang datang ternyata lebih banyak. Kami solid mendukung HARATI karena program pembangunan harus berkelanjutan," kata Koordinator Relawan HARATI Kecamatan Baamang, Karlos di Sampit, Selasa.

Deklarasi dukungan dan pengukuhan Relawan HARATI Kecamatan Baamang dihadiri Halikinnor dan Irawati. Sejumlah tokoh masyarakat Baamang turut hadir, di antaranya Yusransyah mantan Camat Baamang serta Burhanudin yang merupakan mantan Kepala Bappeda Kotawaringin Timur. 

Menurut Karlos, pihaknya tidak ragu memberikan dukungan kepada pasangan Halikinnor-Irawati. Hal itu karena petahana tersebut sudah memberikan bukti nyata pembangunan selama mereka menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur. 

Diakuinya memang masih ada kekurangan, tapi sudah banyak pula yang sudah bisa dirasakan seperti peningkatan infrastruktur jalan, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan bantuan sosial.

Jika pasangan nomor urut 1 tersebut kembali terpilih, masyarakat berharap keduanya dapat meningkatkan pembangunan di kepemimpinan periode kedua nanti, termasuk di Kecamatan Baamang.

"Seperti Jalan Baamang I bisa ditingkatkan dan jembatan di sana. Kami all out untuk mendukung pasangan Halikinnor-Irawati untuk kembali memimpin Kotawaringin Timur agar pembangunan bisa berkelanjutan dan lebih meningkat," demikian Karlos.

Sementara itu Halikinnor mengaku terharu atas tingginya antusias masyarakat memberikan dukungan, bahkan siap menjadi relawan. Hal ini membuat pihaknya semakin optimis bahwa pemerintahan HARATI bisa dilanjutkan untuk periode kedua. 

"Ini juga merupakan amunisi, motivasi dan juga semangat bagi kami pasangan HARATI untuk memenangi pilkada pada saat 27 November nanti. Nudah-mudahan dengan kehadiran begitu besar antusias masyarakat Baamang, begitu juga pada saat nanti hari pemilihan," harap Halikinnor. 

Baca juga: Pegiat olahraga di Kotim rasakan bukti kinerja Halikinnor

Saat ini Halikinnor dan Irawati sedang cuti dari jabatan mereka sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur. Hal itu lantaran pasangan petahan ini kembali maju pada pilkada.

Halikinnor mengakui masih banyak kekurangan dan hal yang perlu dibenahi serta ditingkatkan. Selama menjalankan pemerintahan daerah, mereka dihadapkan pada tanggungan utang pembangunan serta menurunkan kemampuan keuangan daerah akibat imbas pandemi COVID-19. 

Saat ini kondisi keuangan daerah terus membaik. Untuk itu jika kembali terpilih memimpin Kotawaringin Timur, dirinya yakin bisa berbuat dan membangun lebih baik lagi.

Khusus untuk Kecamatan Baamang, dia berkomitmen untuk terus meningkatkan jalan permukiman hingga ke dalam gang. Sektor kesehatan, pendidikan, sosial dan ekonomi juga akan terus menjadi perhatian serius mereka.

"Terobosan kami membuat Terowongan Nur Mentaya di Kecamatan Baamang ini terbukti mampu menumbuhkan ekonomi baru di kawasan itu, selain sebagai objek wisata yang menjadi ikon baru di Sampit," timpal Halikinnor. 

Berbagai upaya lain juga dilakukan untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, seperti pemberlakuan "car free day" di Taman Kota Sampit yang kini telah mewadahi lebih dari 500 pedagang untuk berjualan.

Upaya lainnya yaitu pembangunan pabrik pakan ternak dan pakan ikan untuk mendukung usaha masyarakat. Juga rencana pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) serta pabrik es.

Daerah ini juga terus menggalakkan sektor pertanian agar bisa kokoh menjadi penyangga ketahanan pangan Ibu Kota Nusantara (IKN). Dampaknya juga tentu sangat baik terhadap perekonomian masyarakat. 

"Harapan saya infrastruktur kita semakin bagus, pendidikannya bagus kesehatannya bagus, pekerjaan bagus dan lapangan kerja pun terbuka sehingga masyarakat bisa sejahtera," demikian Halikinnor didampingi Irawati. 

Baca juga: Halikinnor gembira CFD bermanfaat bagi masyarakat luas

Baca juga: Halikinnor janji jawab dukungan masyarakat Antang Kalang dengan kinerja

Baca juga: Masyarakat Tualan Hulu yakin Halikinnor-Irawati mampu tingkatkan pembangunan pelosok

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024