Halikinnor pastikan tingkatkan upaya perluasan kesempatan kerja

id Halikinnor pastikan tingkatkan upaya perluasan kesempatan kerja, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, politik, Halikinnor, Halikinnor-Irawati

Halikinnor pastikan tingkatkan upaya perluasan kesempatan kerja

Halikinnor saat memberi sambutan di hadapan ratusan relawan HARATI Kecamatan Cempaga, Dinas hari(12/10/2024). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Perluasan kesempatan kerja menjadi salah satu prioritas pasangan petahana Halikinnor-Irawati atau disebut HARATI, jika mereka kembali terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Kotawaringin Timur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024.

"Jika kami kembali terpilih dan diberi amanah maka perluasan kesempatan kerja akan menjadi salah satu prioritas kami," kata Halikinnor di Cempaga, Sabtu. 

Janji itu disampaikannya saat deklarasi dan pengukuhan Relawan HARATI Kecamatan Cempaga. Kegiatan ini diikuti sekitar 400 warga yang berduyun-duyun datang dengan kesadaran pribadi untuk bergabung menjadi relawan HARATI. 

Halikinnor kembali berpasangan dengan Irawati pada pilkada setempat. Mereka bertekad untuk melanjutkan dan meningkatkan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat. 

Diakuinya, masih banyak kekurangan yang terjadi selama dirinya memimpin Kotawaringin Timur. Hal itu tidak terlepas dari situasi cukup berat yang dihadapi yaitu kewajiban melunasi utang pemerintahan sebelumnya, serta terjadinya pandemi COVID-19 yang berdampak pada penurunan kemampuan keuangan daerah.

Meski begitu, pembangunan tetap berjalan di tengah keterbatasan anggaran. Data menunjukkan perekonomian juga relatif stabil sehingga pemulihan pasca pandemi berjalan cepat.

Di bidang ketenagakerjaan, berbagai upaya dilakukan pemerintahannya dalam memperluas kesempatan kerja. Tujuannya agar semakin banyak lapangan kerja tercipta dan bisa didapat dengan mudah oleh masyarakat sehingga berdampak pada pengurangan pengangguran dan kemiskinan.

Perluasan kesempatan kerja penting dilakukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru maupun mengembangkan lapangan pekerjaan yang sudah ada. Ini tidak kalah penting dibanding sektor lainnya seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lainnya.

 Baca juga: HARATI representasi aspirasi kaum perempuan

Berbagai jenis pelatihan keterampilan kerja terus dilaksanakan dan ditingkatkan. Bidang yang dipilih juga menyesuaikan kebutuhan di pasar kerja agar lulusan pelatihan bisa cepat mendapat pekerjaan atau membuka lapangan kerja sendiri.

Bantuan modal dan peralatan kerja juga terus dilakukan. Hal ini untuk membantu masyarakat yang kesulitan dalam memulai usaha karena faktor modal maupun peralatan kerja.

Saat ini sedang dibangun pabrik pakan ternak dan nantinya disusul pabrik pakan ikan. Ini menjadi salah satu upaya untuk memperluas kesempatan kerja di bidang peternakan karena potensinya masih sangat menjanjikan.

"Selama ini kurang diuntungkan, bahkan bisa rugi akibat mahalnya harga pakan. Dengan memproduksi di daerah sendiri, harganya lebih murah sehingga keuntungan yang didapat diharapkan lebih besar," ujarnya.

Upaya lain yang dilakukan adalah membangun pabrik es di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Ini bertujuan agar nelayan bisa lebih lama dalam menyimpan ikan hasil tangkapan sehingga nilai ekonominya tetap tinggi sampai dijual kepada pembeli.

"Saya juga nanti akan berkoordinasi dengan asosiasi untuk melakukan pendekatan ke pihak-pihak terkait, seperti perusahaan dalam pemasaran rotan. Tujuannya agar harga rotan kembali membaik sehingga sektor ini kembali membaik," ujar Halikinnor. 

Halikinnor juga yakin bisa meningkatkan pembangunan di periode kedua karena kondisi keuangan daerah sudah membaik. Dengan begitu pembangunan akan semakin maju dan kesejahteraan masyarakat diharapkan semakin meningkat. 

Baca juga: Jawab kegalauan generasi muda, Halikinnor-Irawati siapkan kemudahan akses lowongan kerja

Baca juga: Yakin Kotim semakin maju, warga Kota Besi kompak dukung Halikinnor-Irawati

Baca juga: Ratusan warga Baamang sampaikan dukungan untuk Halikinnor-Irawati