Sampit (ANTARA) - Ketua Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Habaring Hurung Sampit yang merupakan Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor mengaku bangga menjadi salah satu alumni kampus tersebut, seraya berdoa agar kampus itu semakin maju.

"Saya bangga menjadi alumni STIH Habaring Hurung. Dari sinilah saya bisa mencapai puncak karier di PNS yakni menjadi seorang Sekretaris Daerah, bahkan sekarang menjadi bupati," kata Halikinnor di Sampit, Sabtu.

Hal itu disampaikan Halikinnor saat menghadiri perayaan Hari Jadi ke-37 STIH Habaring Hurung Sampit. Kedatangannya pada acara ini dalam kapasitasnya sebagai Ketua Alumni STIH Habaring Hurung Sampit.

Saat diberi kesempatan menyampaikan sambutan, Halikinnor bercerita tentang bagaimana dia mengawali karier Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai staf di Kecamatan Kota Besi. 

Saat itulah dia didorong oleh sejumlah seniornya, termasuk Wahyudi K Anwar yang saat menjabat sebagai bupati, untuk kuliah. Tujuannya untuk mempermudah jenjang karier sebagai PNS.

Halikinnor pun kemudian mengikuti saran tersebut. Dia rela bolak balik Kota Besi ke Sampit untuk menjalani kuliah. Dia mengaku bersyukur karena mendapat dukungan moril banyak pihak sehingga bersemangat menyelesaikan kuliah hingga berhak menyandang gelar Sarjana Hukum.

Baca juga: Silaturahim ke Telawang, Halikinnor didoakan kembali terpilih jadi bupati

Tidak berlebihan jika kemudian dia merasa STIH Habaring Hurung berjasa membesarkannya melalui jalur pendidikan hingga dirinya mencapai puncak karier seorang PNS yakni menduduki jabatan Sekretaris Daerah,  bahkan saat ini dia sudah sampai pada jabatan sebagai bupati.

Pendidikan itu diakui cukup berpengaruh terhadap kemampuannya dalam menjalankan tugas. Halikinnor lantas memotivasi mahasiswa STIH Habaring Hurung untuk terus bersemangat menyelesaikan kuliah, mengejar cita-cita dan masa depan cerah.

Terbukti, saat ini sudah banyak alumni STIH Habaring Hurung Sampit yang sukses berkiprah di berbagai bidang, seperti menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), pengacara, pengusaha, akademisi dan lainnya.

"Di mana pun kuliah, akan sangat dipengaruhi kualitas individunya. Yang penting bagaimana kita terus bersemangat dan bekerja keras," tegas Halikinnor yang saat ini menjalani cuti karena memasuki masa kampanye pemilihan kepala daerah. 

Halikinnor menyampaikan permohonan maaf karena selaku Ketua STIH Habaring Hurung Sampit, dia merasa belum bisa berbuat banyak membantu kampus tercintanya tersebut. Hal itu lantaran keuangan daerah cukup terbatas imbas pandemi COVID-19 dan kewajiban melunasi biaya pembangunan.

Kini perekonomian semakin pulih sehingga kemampuan keuangan daerah untuk pembangunan diharapkan juga semakin meningkat, tidak terkecuali upaya membantu STIH Habaring Hurung Sampit.

Dia mengajak seluruh alumni STIH Habaring Hurung Sampit untuk bersama-sama membantu pengembangan kampus tersebut. Di sisi lain, pemerintah daerah telah menyiapkan beasiswa Gerbang Mentaya untuk membantu mereka yang menimba ilmu di perguruan tinggi. 

Baca juga: DAD dan Batamad diminta optimal bantu masyarakat Kotim

Baca juga: Halikinnor perjuangkan sektor rotan kembali bangkit

Baca juga: Koalisi partai dan relawan bersatu perjuangkan kemenangan Halikinnor-Irawati

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024