Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Suwarno Muriyat, mengajak peserta Jamboree On The Air (JOTA) dan Jamboree On The Internet (JOTI) untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian global.

“JOTA dan JOTI merupakan momen penting bagi pramuka sedunia untuk saling berbagi pengetahuan, berdiskusi, dan bertindak nyata dalam melindungi bumi yang kita cintai. Mari kita jadikan teknologi sebagai alat untuk memperkuat kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan,” kata Suwarno Muriyat di Kuala Kapuas, Minggu.

Hal itu disampaikannya saat menjadi pemateri pada kegiatan JOTA dan JOTI yang diselenggarakan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas. Kegiatan dilaksanakan di Rumah Betang Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas.

Pria yang juga Ketua Kwarcab Kapuas ini menegaskan jika tema JOTA dan JOTI Scouting for a Greener World sebagai gerakan bagi kita semua untuk menciptakan dunia yang lebih dan berkelanjutan serta dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Terungkap dalam diskusi sejumlah isu perubahan iklim, polusi udara, deforestasi, polusi plastik, penurunan keanekaragaman hayati, krisis air, degradasi tanah maupun asidifikasi atau pengasaman laut, baik penyebab maupun solusinya.

Baca juga: Pekerja di Kapuas komitmen dukung Erlin-Alberkat

“Marilah kita menjadi agen perubahan yang mampu mengedukasi masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Langkah kecil yang kita ambil hari ini akan memberikan dampak besar bagi masa depan bumi,” demikian Suwarno Muriyat.

Sebelumnya, Rizka selaku Ketua Panitia menyampaikan terima kasihnya kepada Penjabat Bupati Kapuas selaku Kamabicab atas dukungannya sehingga JOTA dan JOTI yang akan berlangsung selama tiga hari itu dapat dilaksanakan.

“Sebanyak 48 Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega dari sejumlah Kwaran se Kwarcab Kapuas yang dipandu oleh ORARI Lokal Kapuas akan berkomunikasi dengan Pramuka se nusantara dan dunia melalui frekuensi radio," katanya.

Kemudian, dilakukan juga Diskusi Lingkungan Global, Workshop Teknologi Komunikasi dan Panggilan Pertama dari Station YH70DJ Kwarcab Kapuas, serta Lomba Edukatif Kreatif dan Kampanye Digital untuk Lingkungan.

Baca juga: Arhensa Mullah Muhammad jabat Ketua Komisi IV DPRD Kapuas

Baca juga: Debat pertama Pilkada Kapuas berlangsung 26 Oktober di Palangka Raya

Baca juga: Pj Bupati Kapuas sebut pentingnya kemajuan TIK dalam perluas wawasan


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024