Kuala Kurun (ANTARA) -
Ketua Sementara DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah Herbert Y Asin meminta kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar tetap mempertahankan komoditas khas daerah.
 
“Harapan saya komoditas khas Gumas tetap dipertahankan. Jangan sampai di tengah berbagai inovasi dan kemajuan saat ini komoditas khas daerah malah ditinggalkan,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.
 
Dirinya baru-baru ini turut menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat kabupaten yang dipusatkan di Desa Tumbang Miwan, Kecamatan Kurun.
 
Saat itu peringatan Harganas juga diwarnai dengan gelanggang dagang yang memamerkan serta menjual berbagai macam produk.

Gelanggang dagang diikuti sejumlah pelaku UMKM, kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPPKA), kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Tim Penggerak PKK, dan lainnya.

Baca juga: Legislator Gumas: Debat publik jadi ruang bagi paslon sampaikan gagasan
 
Dari pantauannya, produk yang dihasilkan pelaku UMKM, kelompok UPPKA dan kelompok UP2K sudah bagus, begitu juga dengan kemasan produk. Produk yang dihasilkan antara lain berbagai jenis makanan dan minuman, buah-buahan, dan sebagainya.
 
“Akan lebih baik jika komoditas khas Gumas juga dipertahankan. Misalnya seperti ikan lumi,” ungkap wakil rakyat dari daerah pemilihan I, yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun.
 
Dari berbagai informasi, ikan lumi hanya ditemui di wilayah Gumas dan Kabupaten Murung Raya. Artinya, ikan tersebut bisa menjadi komoditas unggulan khas kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.
 
Politisi Partai Golkar ini menekankan, tentunya juga diperlukan dukungan dari pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, agar pelaku UMKM bisa membudidayakan ikan lumi dan hasil panen bisa dijual kepada masyarakat luas.
 
“Dengan kerja sama seluruh pihak, saya yakin komoditas khas Gumas bisa dijaga dan dikembangkan, serta diterima oleh masyarakat luas baik itu di dalam maupun luar daerah,” demikian Herbert.

Baca juga: KPU fasilitasi APK-BK dua paslon Bupati dan Wakil Bupati Gumas

Baca juga: DPRD Gumas apresiasi layanan kesehatan gratis saat Harganas tingkat kabupaten

Baca juga: Legislator minta KNPI Gumas ikut tingkatkan pengetahuan generasi muda

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024