Sampit (ANTARA) - Suasana berbeda ketika calon Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor mampir ke Posko Relawan Kawal HARATI di Jalan S Parman Sampit karena ternyata sudah banyak kaum ibu atau 'emak-emak' yang sudah berkumpul menunggu.

"Hidup HARATI! Hidup Halikinnor! Kita menangkan pasangan Halikinnor-Irawati!" teriak puluhan emak-emak menyambut kedatangan Halikinnor, Rabu.

Halikinnor dan Irawati atau akrab disebut HARATI, kembali berpasangan maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada). Sebagai petahana bupati dan wakil bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor dan Irawati saat ini cuti karena sedang berkampanye untuk pencalonan mereka. 

Halikinnor yang disambut Ketua Relawan HARATI Gahara dan Sekretaris Ahmad Yani, tampak terkejut dengan meriahnya suasana di posko yang menempati bangunan bersantai dua ini.

Suasana keakraban sangat terasa. Bahkan Halikinnor ikut menikmati lagu sambil menyaksikan suguhan para emak-emak menari lincah mengiringi lagu HARATI Jilid II.

Pertemuan ini menjadi paling meriah sejauh ini. Suasana ini tidak terlepas dari keseruan emak-emak yang tampak bersemangat mendukung pasangan Halikinnor-Irawati. 

Memanfaatkan momen berharga ini, beberapa aspirasi disampaikan, mulai terkait perhatian pemerintah terhadap kaum perempuan dan anak, peningkatan pembangunan, pendidikan, kesehatan dan ekonomi. 

"Melalui pertemuan ini, para relawan bisa melihat dan mendengar langsung bagaimana Pak Halikinnor memberi solusi atas permasalahan-permasalahan yang disampaikan. Beliau sudah berpengalaman. Makanya kami terus secara masif mendukung HARATI," tegas Gahara.

Baca juga: Halikinnor-Irawati siapkan beasiswa santri ke luar negeri

Sementara itu, Halikinnor menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas dukungan besar dari masyarakat yang terus mengalir, salah satunya dari Relawan Kawal HARATI untuk memenangkan pasangan HARATI atau Halikinnor-Irawati. 

Halikinnor menyampaikan kondisi jalannya pemerintahan yang dipimpinnya sejak dilantik pada 26 Februari 2021 lalu. Dia juga tidak ragu mengakui masih banyak kekurangan harus diperbaiki.

Dia menyebutkan, pemerintahannya dihadapkan pada situasi sulit yaitu pandemi COVID-19 yang berdampak pada menurunnya kemampuan keuangan daerah akibat adanya pemangkasan anggaran. Kondisi semakin berat karena daerah ini harus melunasi utang pembayaran pembangunan yang "diwariskan" oleh bupati sebelumnya.

Halikinnor bersyukur karena utang tersebut tahun ini bisa diselesaikan. Kondisi ekonomi juga terus membaik sehingga diharapkan berdampak pada kemampuan keuangan daerah dalam membiayai pembangunan.

"Kalau diberi amanah lagi, insyaallah mulai tahun ini kita bisa meningkatkan pembangunan karena keuangan membaik. Mari kita bersama-sama membangun Kotawaringin Timur tercinta ini," ujar Halikinnor. 

Halikinnor juga menyinggung soal komitmen pihaknya dalam hal perhatian terhadap kaum perempuan. Menurutnya, kembali dipilihnya Irawati sebagai calon wakil bupati, juga merupakan representasi keterwakilan kaum perempuan. Ini tidak dimiliki pasangan calon lainnya. 

Sebagai sesama perempuan, Irawati tentu sangat memahami dan merasakan aspirasi dari kaum perempuan. Oleh karena itu, sangat ironis jika kaum perempuan tidak mendukung pasangan HARATI karena pasangan ini komplit dan berjuang keras demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Baca juga: Halikinnor dukung pembangunan masjid megah ikon wilayah selatan Kotim

Baca juga: Halikinnor berkomitmen terus kembangkan wisata kuliner bantaran Sungai Mentaya

Baca juga: Halikinnor: Saya bangga jadi alumni STIH Habaring Hurung Sampit

Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024