Sampit (ANTARA) - Calon Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menegaskan komitmennya untuk terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata, termasuk wisata kuliner di kawasan bantaran Sungai Mentaya.

"Sejak saya menjabat sebagai bupati, sektor pariwisata menjadi salah satu perhatian. Secara khusus, kawasan bantaran Sungai Mentaya ini juga menjadi bagian pembenahan untuk mendukung upaya itu," kata Halikinnor di Sampit, Minggu.

Halikinnor menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada pengusaha maupun pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang sudah berinvestasi di bidang kuliner.

Saat ini terdapat cukup banyak rumah makan di sepanjang bantaran Sungai Mentaya, terbanyak di Kecamatan Baamang. Deretan rumah makan tersebut sangat diminati karena pembeli tidak hanya bisa menikmati beragam menu makanan lezat, tetapi juga disuguhi pemandangan menarik keindahan dan aktivitas di Sungai Mentaya.

Seperti Sabtu (19/10), Halikinnor menghadiri acara syukuran Warung Pisang Gapit Bang Indra. Rumah makan ini cukup unik karena berada di atas rakit atau lanting sehingga menjadi rumah makan terapung satu-satunya yang ada di Sampit saat ini.

Menurut Halikinnor, keberadaan rumah makan yang ada di bantaran Sungai Mentaya menjadi destinasi unik, yakni wisata kuliner. Ini melengkapi kekayaan wisata di Sampit, khususnya di Sungai Mentaya, selain wisata susur sungai yang selama ini menjadi andalan.

Baca juga: Halikinnor: Saya bangga jadi alumni STIH Habaring Hurung Sampit

Pria yang saat ini sedang cuti dari jabatannya sebagai bupati karena sedang berkampanye untuk pencalonannya di periode kedua ini menegaskan akan terus mendukung pengembangan wisata kuliner dan wisata Sungai Mentaya.

Selain membantu promosi, pemerintah daerah juga berupaya menata agar kawasan bantaran sungai semakin menarik. Dengan begitu, masyarakat semakin tertarik untuk menikmati wisata kuliner di bantaran Sungai Mentaya. 

"Nanti juga saya sarankan OPD (organisasi perangkat daerah) kalau ada kegiatan, apa salahnya digelar di usaha warga yang ada di pinggir sungai semacam ini. Selain bersantai sambil bekerja, kita juga telah membantu ekonomi masyarakat," ujar Halikinnor. 

Halikinnor juga mengajak masyarakat untuk membantu mempromosikan wisata kuliner. Salah satu caranya dengan mengunggah foto saat menikmati kuliner ke media sosial sehingga semakin banyak orang yang tahu dan tertarik untuk berwisata kuliner di Sampit.

Halikinnor yang kembali berpasangan dengan Irawati pada pemilihan kepala daerah (pilkada) ini, menegaskan komitmen mereka untuk terus meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat. 

Pasangan calon yang akrab disebut HARATI ini sudah mempersiapkan berbagai program untuk meningkatkan bidang pariwisata dan ekonomi. Jika kembali terpilih, mereka optimistis bisa membawa Kotawaringin Timur lebih maju lagi.

Baca juga: Silaturahim ke Telawang, Halikinnor didoakan kembali terpilih jadi bupati

Baca juga: DAD dan Batamad diminta optimal bantu masyarakat Kotim

Baca juga: Halikinnor perjuangkan sektor rotan kembali bangkit

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024