Pulang Pisau (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah memberikan berbagai bantuan kepada nelayan yang ada di daerah setempat, baik kepada mereka yang merupakan nelayan tangkap maupun budi daya.

Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani, Jumat, mengharapkan bantuan yang diberikan bisa meningkatkan hasil yang diperoleh untuk meningkatkan ekonomi keluarga dan memacu pertumbuhan ekonomi daerah.
 
“Nelayan tangkap dan budi daya diharap bisa memanfaatkan bantuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga dengan harapan juga bisa menurunkan angka kemiskinan,” kata Nunu di Pulang Pisau.
 
Pemerintah secara berkelanjutan memberikan bantuan kepada nelayan agar memperoleh hasil tangkapan dan budi daya yang maksimal. Bantuan yang telah disalurkan diminta agar tidak diperjualbelikan atau disalahgunakan.
 
“Jangan hanya meminta dan berharap ada bantuan tetapi para nelayan harus bisa memanfaatkan bantuan peralatan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” pintanya.

Baca juga: Pemkab Pulang Pisau fasilitasi peningkatan kapasitas kader Posyandu
 
Kepala Dinas Perikanan Pulang Pisau Yudady menyampaikan selain bantuan peralatan yang diberikan kepada nelayan tangkap, pemerintah setempat juga memberikan bantuan benih ikan kepada nelayan budi daya.
 
“Ada sebanyak 49.500 benih yang disalurkan kepada empat kelompok yang ada di Kelurahan Bereng, Desa Mentaren I dan Desa Mentaren II. Sebanyak 14.500 benih ikan papuyu, sisanya benih bibit ikan patin,” kata Yudady.
 
Dikatakannya, bantuan pakan juga disalurkan dengan jumlah mencapai 4,5 ton untuk empat kelompok. Pembudi daya ikan harus bisa memanfaatkan bantuan ini secara berkelanjutan sehingga nantinya bisa mandiri dan mengembangkan bantuan ini sebagai modal awal untuk tumbuh dan berkembang.
 
Dijelaskannya untuk bantuan kepada nelayan tangkap diberikan kepada lima Kelompok Usaha Bersama (KUB) di dua kecamatan berupa mesin alkon dan jaring tangkap.

KUB yang menerima bantuan diantaranya KUB Terusan Maju Kalawa Kecamatan Kahayan Hilir, KUB Laut Bakau Biru Desa Sei Bakau Kecamatan Sebangau Kuala, KUB Laut Sejahtera Desa Sei Hambawang Kecamatan Sebangau Kuala, KUB Nelayan Desa Paduran Kecamatan Sebangau Kuala dan KUB Rakat Bersama Sudimampir Desa Paduran Kecamatan Sebangau Kuala.
 
Baca juga: Polres Pulang Pisau antisipasi potensi kerawanan di daerah pesisir

Baca juga: Pj Bupati Pulpis: Sektor pertanian mampu tingkatkan ekonomi masyarakat

Baca juga: Pj Bupati Pulang Pisau: Pilkada jangan membuat masyarakat terpecah belah

Pewarta : Adi Waskito
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024