Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto menekankan pentingnya semangat persatuan dan nasionalisme di kalangan generasi muda Indonesia di era digitalisasi.

"Generasi muda saat ini dihadapkan pada tantangan yang berbeda. Kita hidup di era digital yang menuntut kita untuk lebih kritis, kreatif, dan inovatif. Oleh karena itu, semangat Sumpah Pemuda harus dihidupkan kembali dalam konteks yang relevan," kata Sigit di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan, bahwa Sumpah Pemuda yang ke-98 ini bukan hanya sebuah pernyataan bersejarah, melainkan juga merupakan fondasi bagi generasi muda untuk membangun kesadaran kolektif.

Mantan Ketua DPRD Kota Palangka Raya Periode 2019-2024 itu juga menyoroti pentingnya pemanfaatan teknologi untuk memperkuat rasa nasionalisme. 

"Dengan kemajuan teknologi, kita bisa menjangkau lebih banyak orang dan menyebarkan nilai-nilai kebangsaan. Mari kita gunakan media sosial dan platform digital untuk menyebarkan semangat persatuan dan kebanggaan terhadap budaya kita," ucapnya.

Baca juga: Kejati Kalteng bakal periksa Bawaslu Kalteng terkait dugaan korupsi pegawai Bawaslu Seruyan

Selain itu, Sigit menyampaikan harapannya agar pemuda Indonesia tidak hanya menjadi konsumen teknologi, tetapi juga menjadi produsen yang dapat berkontribusi dalam kemajuan bangsa. 

"Kita harus membekali diri dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk menghadapi tantangan global. Pendidikan yang baik dan karakter yang kuat akan membentuk pemimpin masa depan," bebernya.

Sementara itu di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut km 5,5 melaksanakan acara pengibaran bendera memperingati hari Sumpah Pemuda dan Ikrar anak bangsa yang di hadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu. 

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh seluruh pemuda pemudi Se-Kalteng. Mereka ada yang mengenakan pakaian adat dan juga ada mengenakan pakaian yang telah dibagikan panitia pelaksana. 

Baca juga: Legislator Kalteng: Pjs Bupati harus mampu bawa dampak perubahan

Baca juga: Lulusan Fapertahut UMPR siap berkontribusi untuk majukan pertanian Kalteng

Baca juga: Imigrasi Palangka Raya sosialisasikan peran Politeknik Imigrasi

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024