Muara Teweh (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menonton bareng film “Tepatilah Janji”, bersama para mahasiswa dan mahasiswi yang ada di daerah setempat bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024.

“Pertama-tama kami sampaikan ucapan terima kasih kepada para mahasiswa dan mahasiswi yang berkenan hadir dalam acara nonton bareng film “Tepatilah Janji” bersama KPU Barito Utara,” kata Pelaksana Harian Ketua KPU Barito Utara Herman Rasidi di Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, dalam kegiatan Goes to Kampus Nobar Film "Tepatilah Janji" ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 2024. 

Tujuan utama dari kegiatan ini, katanya, adalah untuk mendidik pemilih pemula menjelang kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Barito Utara 2024.

Seluruh KPU di Indonesia diinstruksikan untuk mengadakan nobar film “Tepatilah Janji” pada peringatan Hari Sumpah Pemuda. 

"Lokasi nobar dapat dilakukan di mana saja, dan pada hari ini dilaksanakan di aula BappedaLitbang bersama para mahasiswa dan mahasiswi di tiga perguruan tinggi di Kota Muara Teweh," kata Herman yang membidangi Divisi Hukum dan Pengawasan ini. 

Herman mengatakan, nobar film Tepatilah Janji ini merupakan strategi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula di pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara. 

"Film bergenre komedi ini mengangkat isu-isu politik, terutama mengenai money politics dan dinasti politik, yang diharapkan dapat menarik perhatian generasi muda," kata dia.

Baca juga: KPU Barut agendakan debat pilkada disiarkan melalui televisi

Dia mengatakan, film ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga edukasi kepada para pemilih, khususnya di kalangan milenial dan Gen Z. Pendekatan kepada mereka tidak bisa menggunakan metode konvensional. 

"Oleh karena itu, kami memanfaatkan film sebagai alat sosialisasi dan pendidikan bagi pemilih,” jelas Herman.

Dia mengharapkan dengan adanya nonton bareng ini bisa meningkatkan partisipasi pemilih, terkhusus pemilih Gen Z yang mana di Kabupaten Barito Utara pada Pilkada ini berjumlah 32.092 atau 27,91 persen dari jumlah DPT daerah ini yang berjumlah 114.980.

"Kami berpesan kepada para mahasiswa dan mahasiswi jangan lupa pada 27 November 2024 nanti untuk dapat datang ke TPS, gunakan hak pilih kita, semoga Pilkada Kabupaten Barito Utara berjalan sukses, aman dan berjalan lancar," kata Herman Rasidi.

Baca juga: KPU Barito Utara tetapkan DPT pilkada 114.980 pemilih

Baca juga: Polres Barito Utara teken fakta integritas netralitas Pilkada 2024

Baca juga: Pj Bupati Barut dampingi Wakapolda Kalteng periksa sarpras hadapi pilkada

Pewarta : Kasriadi
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024