Rekayasa komputer genggam Raspberry Pi

id Rekayasa komputer genggam Raspberry Pi

 Rekayasa komputer genggam Raspberry Pi

Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Produsen komputer seukuran kartu kredit, Raspberry Pi Foundation, membuka peluang bagi para penggunanya untuk merekayasa komputer sendiri, termasuk komputer genggam.

Pendiri sekaligus CEO Parts-People.com, Nathan Morgan, membeberkan informasi untuk menciptakan komputer genggam sendiri berbekal Raspberry Pi Model B dalam situs resminya.

"Karena ini adalah proyek open source, saya ingin menunjukkan kepada Anda semua (detailnya)," kata pakar spesialis laptop Dell itu.

Morgan menggunakan layar LCD 3,5 inci dengan aspek rasio 3:4 yang mampu menampilkan resolusi 640 x 480 piksel.

Komputer genggam Morgan memanfaatkan enam baterai Dell Latitude D600, membuang penutupnya, dan merekayasa ulang dengan menghubungkan pin 1, 2, dan 4 ke kutub negatif serta pin 8 dan 9 ke kutub positif.

Dari baterai itu, Morgan mendapatkan daya 11,1 volt yang harus dialirkan ke papan utama komputer (mother board) dengan konektor USB mikro berdaya lima volt.

"Saya menghubungkan baterai ke layar LCD...punya komponen yang membutuhkan daya lima volt," kata Morgan.

Lalu, Morgan menggunakan regulator pada papan komputer dan mematri pada kapasitor lima volt ke LCD dan lima volt ke konektor USB mikro.

Untuk ruang penyimpanan data tambahan, Morgan memanfaatkan solid state drive (SSD) Samsung 64 giga bit Sata II di mana ruang satu giga bit dialokasikan untuk memodifikasi file config.txt.

File config.txt itu merupakan salah satu file dari sistem operasi Raspbian Linux yang digunakan komputer genggam dan didapat dari raspberrypi.org.

Modifikasi file config.txt diperlukan agar layar LCD dapat berjalan dengan memanfaatkan seluruh ruang layar.

Komputer genggam milik Morgan menggunakan panel ketik (keyboard) nirkabel yang sekaligus mempunyai ruang papan sentuh di sisi kanannya.

Morgan menanamkan dongle konektor nirkabel (WiFi) dan bluetooth di dalam komputer yang terhubung sumber daya USB mikro.

Seluruh komponen itu, lanjut Morgan, ditempatkan dalam penutup (case) komputer genggam hasil kreasinya.

Penutup komputer itu, dibedakan menjadi lima bagian yaitu sisi bawah, penutup kiri, penutup kanan, penutup LCD/sisi atas, dan sisi belakang.

Biaya total komponen-komponen komputer genggam Morgan adalah 391,3 dolar AS atau sekitar Rp3,75 juta. (I026)