eBay berjuang tolak spin off PayPal

id Screen shot laman e-commerce eBay

 eBay berjuang tolak spin off PayPal

Ilustrasi, Kantor pusat eBay di San Jose, California (wikipedia) Istimewa

New York (ANTARA News) - eBay sedang berjuang menolak usulan investornya, Carl Icahn, untuk memisahkan (spin off) PayPal karena memandang layanan pembayaran penting untuk prospek pertumbuhan jangka panjang perusahaan e-commerce itu.

Bisnis tempat-transaksi, terbesar eBay, tumbuh pada tingkat lebih lambat dibanding PayPal dan pesaing eBay, Amazon.com Inc. PayPal, diperkirakan bernilai sebanyak-banyaknya 40 miliar dolar dalam posisi sekarang, membantu meningkatkan harga saham eBay, menurut Reuters dalam laporannya baru-baru ini.

Dan PayPal merupakan kunci untuk peluang pertumbuhan masa depan. PayPal dianggap menjadi pemimpin pembayaran mobile di AS, dimana Forrester Research memproyeksikan volumenya tumbuh tiga kali menjadi 90 miliar dolar paa 2017.

Icahn, seorang miliarder yang telah mengguncang industri teknologi dengan mengagitasi perubahan di perusahaan-perusahaan mulai dari Apple Inc, Dell Inc, hingga Netflix, membeli 0,82 persen saham eBay dan mengajukan proposal untuk spin off PayPal, seperti diungkapkan eBay Rabu lalu.

Pada Kamis lalu, seorang sumber yang dekat dengan masalah itu mengatakan saham eBay yang dibeli Icahn mendekati dua persen.

Banyak analis Wall Street mengharapkan usulan Icahn tidak disetujui. Mereka mengatakan pemisahan PayPal akan melemahkan induk perusahaan dan prospeks-prospeks kompromi bisnis marketplace serta divisi layanan bisnisnya, yang menangani e-commerce untuk peritel-peritel besar.

CEO dan dewan direksi eBay menolak usulan Icahn. Penolakan mereka untuk berpisah dengan PayPal mungkin juga karena kegelisahan apakah PayPal bisa berkembang ketika mandiri.

Perusahaan-perusahaan startup seperti Square dan Stripe telah meningkatkan modalnya ratusan juta dolar dan mulai "menantang" PayPal dalam bisnis pembayaran mobile.

CEO eBay John Donahoe, dengan dukungan dari pemegang saham utama dan pendirinya Pierre Omidyar, yang mengusai 8,5 persen saham, pada Rabu menentang keras usulan Icahn. Donahoe mengatakan tiga unit bisnis eBay satu sama lain saling membutuhkan untuk berkembang.

Pada Kamis, direktur Marc Anreessen, seorang investor Silicon Valley, dalam Twitter mengatakan akan menentang ide spin off.

PayPal didirikan pada akhir 1990-an, dan diakuisisi eBay pada 2002 seharga 1,5 miliar dolar, tidak lama setelah PayPal menjadi perusahaan publik.

Sekarang bisnis eBay tumbuh cepat, dengan 143 juta pengguna aktif pada akhir 2013, naik 16 persen dari setahun sebelumnya. Pendapatan PayPal naik 19 persen dalam kuartal liburan, mengalahkan kenaikan 12 persen unit jual beli online, demikian Reuters melaporkan.