Hadiah Nobel Penemu Neutron Terjual 329.000 Dolar AS

id Hadiah Nobel Penemu Neutron Terjual 329.000 Dolar AS,

Hadiah Nobel Penemu Neutron Terjual 329.000 Dolar AS

Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Hadiah Nobel Fisika tahun 1935 yang diberikan kepada ilmuwan Inggris penemu neutron, James Chadwick, terjual dengan harga 329.000 dolar AS atau sekitar Rp3,9 miliar (1 dolar AS=Rp11.864) dalam lelang pekan ini.

Rumah lelang Sotheby's, yang menangani penjualan tersebut di New York pada Selasa (3/6), sebelumnya memperkirakan medali emas Nobel dan dokumen yang menyertainya terjual antara 200.000 dolar AS dan 400.000 dolar AS.

Sotheby's tidak mengeluarkan informasi tentang pembeli Hadiah Nobel tersebut namun mengungkapkan bahwa penjualnya adalah seorang kolektor medali dan koin yang membeli medali emas dan dokumen Hadiah Nobel milik Chadwick dari fisikawan terkenal itu sekitar 20 tahun lalu.

Chadwick belajar di bawah bimbingan ilmuwan Inggris, Ernest Rutherford, yang dianggap sebagai Bapak Fisika Nuklir dan model atomnya membuat dia mendapat Hadiah Nobel Kimia tahun 1908.

Satu dekade kemudian Chadwick membuktikan keberadaan neutron - partikel netral dalam nukleus atom.

Para ilmuwan kemudian memahami bahwa neutron-neutron bisa digunakan dalam rantai reaksi nuklir untuk melepaskan energi dalam jumlah sangat besar.

Chadwick, yang mendapat gelar kebangsawanan tahun 1945, terlibat dalam pengembangan bom atom pertama selama Perang Dunia II, sebagai kepala kontingen Inggris dalam Manhattan Project.

Dia bahkan menyaksikan Trinitas pengujian bom--ledakan bom nuklir pertama di dunia, pada 16 Juli 1945 di Alamogordo Air Base, New Mexico, demikian seperti dilansir laman LiveScience, Rabu (4/6).

Penerjemah: Maryati


Pewarta :
Editor : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar